Comscore Tracker

NasDem dan Golkar Dominasi Kemenangan Pilkada di Sulsel

Hasil quick count, NasDem dan Golkar unggul di 7 daerah

Makassar, IDN Times - Pertarungan partai politik dalam Pilkada Serentak 2020, termasuk di Sulawesi Selatan (Sulsel), hampir selesai. Hasil pilkada versi hitung cepat atau quick count telah menggambarkan siapa saja calon kepala daerah yang menang.

Dari hasil quick count juga dapat diketahui partai apa saja yang, untuk sementara, berada di posisi teratas memenangkan pilkada di beberapa kabupaten/kota. Di Sulsel, ada dua partai yang calonnya paling banyak menang yaitu NasDem dan Golkar.

1. Partai Nasdem menang di 7 daerah

NasDem dan Golkar Dominasi Kemenangan Pilkada di SulselLogo NasDem

Dari hasil quick count dalam Pilkada Serentak 2020, pasangan calon kepala daerah yang diusung NasDem menang di 7 daerah dari 12 daerah penyelenggara pilkada di Sulsel. Ketujuh pasangan itu adalah Danny Pomanto-Fatmawati Rusdi (Makassar), Muhammad Yusran Lalogau-Syahban Sammana (Pangkep), dan Suardi Saleh-Aska Mappe (Barru).

Selanjutnya Nicodemus Biringkanae-Victor Datuan Batara (Tana Toraja), Kaswadi Razak-Lutfie Halide (Soppeng), Adnan Purichta Ichsan YL-Abdul Rauf Malaganni (Gowa), dan Muhammad Basli Ali-Saiful Arif (Selayar).

Sekretaris DPW Partai NasDem Sulsel, Syaharuddin Alrif mengungkapkan partainya menang sesuai dengan target jika merujuk pada hasil penghitungan sementara.

"Alhamdulillah target kita 60 persen, tujuh daerah usungan NasDem menang dari 12 daerah yang pilkada. Terlebih lagi, kita mengusung 10 kader langsung, baik itu sebagai bupati atau wakil bupati," kata Syahar, Kamis (10/12/2020).

2. Golkar menang di 7 daerah

NasDem dan Golkar Dominasi Kemenangan Pilkada di SulselDok. IDN Times/Istimewa

Sama dengan NasDem, Golkar juga meraup kemenangan di 7 daerah dari 12 daerah penyelenggara pilkada di Sulsel. Golkar juga di Tana Toraja, Soppeng, Gowa, dan Selayar.

Pasangan lainnya yang dimenangkan Golkar adalah Yohanis Bassang-Frederick Victor Palimbong (Toraja Utara), Thoriq Husler-Budiman Hakim (Luwu Timur), dan Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (Luwu Utara).

Sekretaris DPD I Golkar Sulsel, Marzuki Wadeng, menyatakan bahwa kemenangan berdasarkan hasil quick count itu sudah melampaui target yaitu 60 persen. Meski demikian, kata dia, bukan tidak mungkin hasil penghitungan akan berubah karena hasil yang ada saat ini masih sementara.

"Kalau melampaui target itu 8, ini cuma 7 sesuai dengan hasil kemarin. Saya tidak tahu hari ini. Kalau hari ini bertambah ya bisa lampaui target. Tapi kalau hari ini turun, berarti 50 persen saja, tidak mencapai target," katanya melalui sambungan telepon.

Baca Juga: LSI Denny JA: Danny-Fatma Menang 41,38 Persen di Pilkada Makassar

3. Masih harus menanti penetapan KPU

NasDem dan Golkar Dominasi Kemenangan Pilkada di SulselANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko

Meski dari hasil quick count sudah bisa terlihat siapa pemenang dari 12 kabupaten/kota yang menggelar pilkada di Sulsel, namun para paslon maupun parpol masih harus menunggu hasil dan penetapan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

Hasil real count KPU nantinya diyakini tidak akan terlalu jauh dari hasil quick count yang dilakukan lembaga survei.

Baca Juga: [BREAKING] Rekor Baru, Adnan Purichta Unggul 91 Persen di Pilkada Gowa

Topic:

  • Ashrawi Muin
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya