Makassar Tuan Rumah Hari Otoda ke-XXVI, Ada Parade Bendera

Bakal dihadiri ratusan kepala daerah

Makassar, IDN Times - Kota Makassar di Sulawesi Selatan menjadi tuan rumah peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) ke-XXVI pada 29 April 2023 mendatang. Tema yang diusung yakni 'Dengan Semangat Otonomi Daerah, Kita Wujudkan ASN Proaktif dan Berakhlak dengan Membangun Sinergi Pusat dan Daerah dalam Rangka Mewujukan Indonesia Emas 2045.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan "Danny" Pomanto mengatakan pihaknya sedang mempersiapkan pelaksanaan acara tersebut. Dia mengatakan peringatan Hari Otoda ini tersebut tidak digelar selama tiga tahun terakhir lantaran pandemik COVID-19 sehingga harus dilaksanakan dengan lebih istimewa.

"Konsepnya ini konsep baru. Pimpinan di Kemendagri menyatakan bahwa konsep yang sangat baru akan kita sajikan, yang belum pernah ada sebelumnya," kata Danny di Makassar, Minggu (26/3/2023).

1. Dihadiri ratusan kepala daerah se-Indonesia

Makassar Tuan Rumah Hari Otoda ke-XXVI, Ada Parade BenderaWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Hari Otoda merupakan agenda nasional. Dengan demikian, agenda ini akan oleh 546 kepala daerah yang terdiri dari 38 gubernur, 93 wali kota dan 415 bupati dari seluruh Indonesia. 

Presiden Joko Widodo pun juga rencananya diundang untuk menghadiri agenda tersebut. Danny pun berharap Presiden juga bisa turut hadir dalam agenda tersebut.

"Bapak Kemendagri mempersiapkan undangan untuk beliau (presiden). Selama ini Pak Menteri yang hadir, tapi karena dianggap acara ini cukup bagus sayang kalau tidak mengundang beliau," kata Danny.

2. Menampilkan parade perahu di Pantai Losari

Makassar Tuan Rumah Hari Otoda ke-XXVI, Ada Parade BenderaBendera merah putih menyelimuti Anjungan Pantai Losari Makassar pada peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Indonesia, Rabu (17/8/2022). (Dok. Humas Pemkot Makassar)

Danny menjelaskan banyak akan ada kegiatan menarik yang disajikan dalam upacara peringatan Hari Otoda itu. Salah satunya yakni parade 100 lebih perahu nelayan. 

Perahu-perahu itu nantinya membawa bendera daerah masing-masing. Parade perahu nelayan ini akan ditampilkan di Pantai Losari. 

"Kalau ada 100 perahu, jadi ada 5 bendera 1 perahu untuk parade bendera. Kita ingin kebersamaan," jelasnya.

3. Jadi ajang memperkenalkan Makassar

Makassar Tuan Rumah Hari Otoda ke-XXVI, Ada Parade BenderaWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Danny menjelaskan upacara Hari Otoda akan berlangsung di Pantai Losari. Kemudian akan dilanjutkan lagi dengan malam apresiasi kepada kepala daerah yang berlangsung di Hotel Four Point. 

Danny pun berharap momentum Hari Otoda bisa dimanfaatkan untuk menampilkan keunggulan-keunggulan Kota Makassar kepada daerah lain.

"Di sini juga momen yang terbaik bagi Kota Makassar untuk memuji semua program-program yang sudah on going," kata Danny.

Baca Juga: Makanan di Losari Kemahalan, Dispar: Pedagang Wajib Cantumkan Harga

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya