Makassar Perketat Protokol Pencegahan COVID-19 di Pasar Tradisional

Masyarakat diminta memakai masker saat ke pasar

Makassar, IDN Times - Penerapan protokol kesehatan di seluruh pasar tradisional Makassar, Sulawesi Selatan, kini mulai diperketat. Pasalnya, pasar dianggap sebagai salah satu tempat paling rawan dalam penyebaran COVID-19.

Berangkat dari hal itu, PD Pasar Makassar Raya berupaya mendisiplinkan aktivitas di pasar tradisional dengan menerapkan protokol kesehatan di 18 pasar yang tersebar di Kota Makassar. 

"Di antara upaya yang kami lakukan yakni setiap pasar disiapkan tempat cuci tangan minimal 2 unit tandon air per pasar, alat pengukur suhu (thermogun) bagi pedagang dan pengunjung pasar serta imbauan agar menggunakan masker juga dilakukan setiap hari," ujar Direktur Utama PD Pasar Makassar Raya, Basdir, dalam keterangan persnya, Minggu (14/6).

Untuk diketahui, setelah masa pemberlakuan pembatasan sosial berakal besar (PSBB) di Makassar berakhir, warga sudah mulai kembali ke aktivitas normal termasuk aktivitas jual beli di pasar.

1. 100 orang dikerahkan untuk melakukan sosialisasi di pasar setiap hari

Makassar Perketat Protokol Pencegahan COVID-19 di Pasar TradisionalProtokol kesehatan di pasar tradisional Makassar diperketat. Humas Pemkot Makassar

Tidak hanya itu, PD Pasar juga menyebut bakal menugaskan 100 orang untuk melakukan sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan di dalam pasar setiap hari. Ini juga sebagai tindak lanjut dari rapat di Gugus Tugas COVID-19 Kota Makassar tentang pengetatan pemberlakukan protokol kesehatan yang digelar hari Sabtu (13/6)

"Sesuai arahan Bapak Pj Wali Kota, kami langsung bergerak. bahkan sejak dikeluarkannya perwali 31 tahun 2020 tentang protokol kesehatan pasca PSBB kami tetap konsisten melaksanakan protokol kesehatan," tuturnya.

2. Sosialisasi juga dilakukan di pasar darurat dan pedagang kaki lima

Makassar Perketat Protokol Pencegahan COVID-19 di Pasar TradisionalProtokol kesehatan di pasar tradisional Makassar diperketat. Humas Pemkot Makassar

Selain melakukan sosialisasi di pasar tradisional yang memang memiliki gedung pasar, Basdir mengatakan pihaknya juga aktif melakukan sosialisasi di pasar darurat dan pedagang kaki lima. 

"Untuk itu, kami berharap ada kolaborasi antara PD Pasar dengan pihak kelurahan, kecamatan, polsek dan koramil yang berada di masing-masing wilayah pasar dan pedagang kaki lima," lanjutnya.

Baca Juga: Rapid Test Reaktif Corona, 21 Pedagang Pasar di Makassar Dikarantina

3. Masyarakat yang datang ke pasar diminta menaati protokol kesehatan

Makassar Perketat Protokol Pencegahan COVID-19 di Pasar TradisionalProtokol kesehatan di pasar tradisional Makassar diperketat. Humas Pemkot Makassar

Sementara itu, Direktur Operasional PD Pasar Makassar Raya, Saharuddin Ridwan, mengharapkan kerja sama dari masyarakat yang datang ke pasar. Dia meminta masyarakat agar menaati protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan mencuci tangan sebelum masuk ke dalam pasar.

“Dan yang juga tak kalah pentingnya yakni tetap menjaga jarak” kata Saharuddin Ridwan.

Baca Juga: Rapid Test Massal, 204 Pedagang Pasar di Makassar Reaktif COVID-19 

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya