Comscore Tracker

Lusa, KPU Tetapkan Pemenang Pilkada Makassar

Pasangan Danny-Fatma meraih suara terbanyak

Makassar, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar menjadwalkan penetapan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar terpilih akhir pekan ini. Rencana itu disampaikan Komisioner KPU Makassar Gunawan Mashar.

"Penetapan pasangan calon terpilih insyaAllah akan digelar hari Sabtu tanggal 23 Januari 2021. Penjadwalan ini dilakukan setelah ada surat MK ke KPU mengenai perkara yang teregister di MK," kata Gunawan, Kamis (21/1/2021).

Baca Juga: Penetapan Pemenang Pilkada Makassar, KPU Tunggu MK

1. KPU mengundang semua paslon hadir

Lusa, KPU Tetapkan Pemenang Pilkada MakassarDebat publik Pilkada Makassar di Gedung Kompas TV, Palmerah, Jakarta Barat, Sabtu (7/11/2020). KPU Makassar

Gunawan mengatakan pihaknya mengundang semua paslon dan juga perwakilan partai pengusung untuk hadir dalam penetapan paslon terpilih. Selain itu, pihaknya juga akan mengundang Bawaslu dan Forkopimda. 

Sejauh ini, KPU juga belum menentukan lokasi di mana penetapan akan dilaksanakan.

"Untuk lokasi, nanti diinfokan lagi karena masih di-fix-kan dulu," katanya.

2. Kegiatan KPU mengedepankan protokol kesehatam

Lusa, KPU Tetapkan Pemenang Pilkada MakassarPenandatanganan Pakta Integritas Pilkada Makassar di Hotel Harper, Kamis (24/9/2020). YouTube KPU Makassar

Selain itu, KPU Makassar juga membatasi orang yang akan masuk ke agenda penetapan tersebut. Sebab, KPU akan menerapkan protokol kesehatan ketat dalam acara itu.

"Pelaksanaan penetapan akan digelar dengan pelaksanaan protokoler kesehatan. Yang bisa memasuki area hanya yang disyaratkan oleh regulasi," kata Gunawan.

3. Pasangan Danny-Fatma menangi Pilkada Makassar

Lusa, KPU Tetapkan Pemenang Pilkada MakassarPasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto (kanan) dan Fatmawati Rusdi (kiri) menyampaikan keterangan pers di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (9/12/2020). (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Berdasarkan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilkada Makassar 2020 di Hotel Harper, Selasa 15 Desember 2020 lalu, pasangan nomor urut 1, Moh Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi dinyatakan menang dengan jumlah perolehan suara 218.908 (41,3 persen).

Posisi kedua ditempati pasangan nomor urut 2, Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando, dengan persen dengan perolehan suara 184.094 (34,7 persen). Posisi ketiga, ditempati pasangan nomor urut 3, Syamsu Rizal-Fadli Ananda, dengan perolehan suara 100.869 (19 persen).

Pasangan terakhir adalah pasangan nomor urut 4, Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Armin dengan perolehan suara 25.817 (4,9 persen).

Baca Juga: Golput Masih Menang di Pilkada Makassar

Topic:

  • Ashrawi Muin
  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya