Kereta Api Sulsel Bakal Terhubung dengan Bus Trans Mamminasata

Moda transportasi publik memudahkan aksesibilitas masyarakat

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan berupaya memaksimalkan pelayanan untuk kereta api melalui moda transportasi yang terintegrasi atau terhubung. Salah satunya dengan menghubungkannya dengan moda transportasi Bus Trans Mamminasata atau Teman Bus.
 
Kepala Bidang Lalu Lintas pada Dinas Perhubungan Sulsel, Arunddini, mengatakan integrasi moda transportasi ini akan saling menghubungkan antara Bandara Sultan Hasanuddin, stasiun kereta api dab sejumlah destinasi wisata di sekitarnya. Program integrasi moda transportasi ini diluncurkan di Bandara Sultan Hasanuddin, hari ini Senin (6/2/2023).

"Sesuai arahan dari Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, meminta agar launching uji coba integrasi moda di mulai hari Senin di antaranya akan melalui Stasiun Rammang-rammang menuju destinasi wisata rammang-rammang, kemudian Taman Purbakala leang-leanh dan Bantimurung," kata Arunddini.

Baca Juga: Kereta Tabrak Petani di Barru, BPKA: Operasional sesuai Prosedur

1. Koridor Teman Bus diperpanjang hingga ke Maros

Kereta Api Sulsel Bakal Terhubung dengan Bus Trans MamminasataTeman Bus hadir di Makassar. IDN Times/Istimewa

Arunddini menyebutkan koridor dari bus Trans Mamminasata akan diperpanjang dari sebelumnya yang hanya sampai di Bandara Sultan Hasanuddin. Nantinya, bus akan beroperasi hingga ke Maros dan diperpanjang dua koridor menuju Stasiun Depo.

Setelah uji coba, maka integrasi moda transportasi secara fisik bisa diterapkan. 

"Kemudian nanti tarif, dalam bulan ini akan selesai semua sehingga tarif kereta api, feeder wisata Buy The Service (BTS) sudah diketahui sehingga masyarakat sudah bisa melihat jika ingin berwisata berapa biaya yang dibutuhkan," ujarnya.

2. Memudahkan akses ke tempat wisata

Kereta Api Sulsel Bakal Terhubung dengan Bus Trans Mamminasata

Integrasi moda transportasi Sulsel ini dihadirkan dalam rangka memberikan pelayanan maksimal ke masyarakat. Selain itu, ini diharapkan memudahkan aksesbilitas masyarakat terutama ke tempat wisata. 

Masyarakat bisa ke halte bus stop yang ditempatkan di Bandara Hasanuddin. Kemudian dilanjutkan ke Stasiun Depo Maros. Rute ini merupakan, jalur Teman Bus Trans Mamminasata dari Bandara ke Mall Panakkukang. 

Dari Stasiun Depo Maros akan menuju stasiun kereta api Rammang-rammang. Kemudian, penumpang akan beralih moda menuju feeder wisata yang menghubungkan spot wisata Rammang-rammang, spot wisaya Taman Purbakala Leang-leang dan Bantimurung. 

"Sehingga bus yang kami tempatkan sudah mengikuti penjadwalan kereta api, kedatangan dan keberangkan di stasiun Rammang-rammang," kata Arunddini.

3. Uji coba menggunakan bus Dishub

Kereta Api Sulsel Bakal Terhubung dengan Bus Trans MamminasataIlustrasi Teman Bus. (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Adapun bus yang digunakan untuk uji coba ini adalah bus milik Dinas Perhubungan yang akan ditempatkan di Maros. Arunddini menyebut 4 bus Dishub yang akan digunakan untuk beroperasi hingga adanya integrasi tarif.

Nantinya, pengelolannya akan diserahkan ke Badan Usaha atau kemungkinan juga diserahkan ke konsorsium.

"Konsorsium ini, yang nantinya akan diberikan penugasan oleh Pemprov Sulsel dan semua sesuai arahan Pak Gubernur," katanya.

Baca Juga: Melaju 110 Km/Jam, Kereta Api Sulsel Siap Dukung Pariwisata

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya