Comscore Tracker

Kasihan! Gaji Guru Honorer di Makassar Masih Tertunggak Dua Bulan

Danny minta Disdik kejar tanda tangan eks Pj Wali Kota

Makassar, IDN Times - Gaji guru honorer di tingkat Kota Makassar sudah dibayarkan untuk bulan Maret dan April 2021. Demikian disampaikan Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Nielma Palamba.

Menurut Nielma, masih ada gaji bulan Januari dan Februari yang memang belum dibayarkan. Dia menjelaskan hal itu terkendala administrasi, sebab hingga saat ini SK pengangkatan status honorer belum ditandatangani oleh eks Pj Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin.

Sementara Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto hanya bisa menandatangani pembayaran gaji untuk bulan Maret-April saja. Sebab Danny baru resmi menjabat pada 26 Februari 2021. 

"Kami berusaha untuk bagaimana caranya memberikan hak mereka dengan membayarkan Maret dan April dan itu sudah masuk, sambil mengupayakan gaji bulan Januari-Februari mencoba untuk mendapatkan SK," jelas Nielma saat ditemui di Balai Kota Makassar, Kamis (6/5/2021).

1. Disdik akan kejar tanda tangan eks Pj wali kota

Kasihan! Gaji Guru Honorer di Makassar Masih Tertunggak Dua BulanEks Pj Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin. IDN Times/Istimewa

Nielma menjelaskan pihaknya bersama Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daaerah (BKPSDMD) Kota Makassar berencana menemui Rudy Djamaluddin. Mereka ingin meminta Rudy menandatangani SK guru kontrak.

"Saya sudah koordinasi dengan BKD (BKPSDMD) untuk bisa bagaimana caranya kami mendapatkan SK itu sebagai pembayaran gaji Januari-Februari," kata Nielma. 

Dia menyebutkan besaran gaji untuk guru honorer di bawah naungan Dinas Pendidikan Kota Makassar yaitu sebesar Rp1,5 juta per bulan.

"Kami akan kejar ini supaya bisa ditandatangani sama mantan Pj supaya mereka punya hak diberikan," katanya.

2. Gaji bulan Mei segera dibayarkan

Kasihan! Gaji Guru Honorer di Makassar Masih Tertunggak Dua BulanIlustrasi gaji (IDN Times/Arief Rahmat)

Untuk gaji bulan Mei, Nielma memastikan pembayaran akan diberikan sebelum Idul Fitri. Dia mengaku bendahara Disdik telah mengusulkan permintaan pembayaran untuk bulan Mei.

"Iya. Semoga paling lambat Jumat besok sudah masuk ke rekening masing-masing. Semoga juga sudah lebaran bisa masuk. Kalau bulan Januari-Februari, mungkin yang bulan Juni bisa kita bayarkan," katanya.

Sebelumnya, sejumlah guru honorer mendatangi Kantor Dinas Pendidikan Kota Makassar, Rabu 5 Mei 2021. Mereka menuntut pembayaran gaji yang tertunggak.

Nielma mengaku dirinyalah yang meminta para guru honorer datang ke kantor Disdik. Sebab belakangan dia sering mendapat pesan WhatsApp dari guru honorer terkait gaji mereka.

"Jadi saya sampaikan datang saja ke kantor supaya dapat penjelasan resmi dan detail. Tapi saya kira tidak ada masalah," kata Nielma.

Baca Juga: Danny Pomanto Ingin Gantikan Honorer dengan Laskar Pelangi, Apa Itu?

3. Danny tak ingin tanggung jawab soal gaji Januari-Februari

Kasihan! Gaji Guru Honorer di Makassar Masih Tertunggak Dua BulanWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Sementara itu, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto mengaku hanya bisa mempertanggungjawabkan gaji guru honorer di bulan Maret dan April. Untuk Januari dan Februari, dia mengaku tidak bisa karena itu bukan SK pembayaran melainkan SK status pengangkatan.

Dengan demikian, pihaknya harus menunggu tandatangan eks Pj Wali Kota Rudy Djamaluddin untuk membayar gaji Januari dan Februari. Selain itu, dia juga meminta agar gaji bulan Mei segera dibayarkan.

"Saya tanda tangan langsung Maret-April. Jadi saya bisa pertanggungjawaban itu. Tapi khusus Januari-Februari, saya tidak bisa tanggung jawab karena belum saya (menjabat)," katanya.

Baca Juga: Ribuan Guru Honorer di Makassar Tuntut Pembayaran Tunggakan Gaji

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya