Jemaah Haji Debarkasi Makassar Mulai Dipulangkan Hari Ini

Pemulangan jemaah haji secara bertahap

Makassar, IDN Times - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Makassar mempersiapkan kepulangan jemaah haji dari Arab Saudi. Jemaah haji pulang bertahap mulai hari ini, Sabtu (22/6/2024).

Kepala Bidang Pelaksanaan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Sulsel, Ikbal Ismail, mengatakan PPIH tengah mempersiapkan penyambutan untuk menerima kelompok terbang 1. Persiapan melalui rapat koordinasi terkait dengan layanan penjemputan.

"Untuk keselamatan pemulangan jemaah haji semua se-Indonesia khususnya embarkasi Makassar," kata Ikbal kepada IDN Times, Sabtu (22/6/2024).

Baca Juga: Jemaah Haji Mulai Pulang, Kemenag Minta Maskapai Agar Jangan Terlambat

1. Kloter pertama berangkat dari Madinah

Jemaah Haji Debarkasi Makassar Mulai Dipulangkan Hari IniPemberangkatan jemaah haji Indonesia dari penginapan menuju ke Arafah, Jumat (14/6/2024). (IDN Times/Faiz Nashrillah)

Kloter pertama dijadwalkan berangkat dari Bandar Udara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz Madinah pada Sabtu pukul 22.30 waktu setempat dengan pesawat Garuda Indonesia. Kemudian, pesawat yang mengangkut 450 penumpang itu dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar pada Minggu (23/6/2024) pukul 14.40 WITA.

"Sementara ini keberangkatan masih tetap sesuai jadwal. Insyaallah tibanya besok siang jam 3 sore," kata Ikbal.

Jemaah haji Debarkasi Makassar dijadwalkan tiba secara bertahap, mulai 22 Juni hingga 21 Juli 2024. Total ada 37 kloter yang yang akan dipulangkan. Ada yang berangkat dari Madinah dan ada dari Jeddah.

2. Jemaah diimbau jaga kesehatan

Jemaah Haji Debarkasi Makassar Mulai Dipulangkan Hari IniSekrtaris PPIH Embarkasi Makassar Ikbal Ismail. (Dok. Kemenag Sulsel)

Ikbal pun mengimbau jemaah yang tergabung dalam debarkasi Makassar agar tetap menjaga kesehatan sebelum pulang ke Tanah Air. Hal ini mengingat ada beberapa jemaah yang meninggal dunia.

Sejauh ini, pihaknya mendata ada 14 orang yang wafat di Tanah Suci. Penyebabnya beragam, ada yang karena mengalami serangan jantung hingga gagal ginjal.

"Untuk jemaah haji, yang pertama jaga kesehatan setelah melaksanakan rangkaian rukun haji tolong dijaga kesehatannya untuk persiapan balik di Tanah Air.

3. Jaga bawa barang berlebihan

Jemaah Haji Debarkasi Makassar Mulai Dipulangkan Hari IniPetugas melakukan pemeriksaan barang bawaan Jemaah Calon Haji (JCH) kelompok terbang (kloter) pertama embarkasi Makassar menggunakan mesin x-ray di Asrama Haji Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (11/5/2024). ANTARA FOTO/Arnas Padda/aww.

Lebih lanjut, Ikbal juga mengimbau jemaah untuk tidak membawa pulang barang secara berlebihan terutama air zamzam. Pasalnya, tidak sedikit jemaah yang kerap membawa pulang air zamzam sebagai oleh-oleh.

"Jangan pernah dimasukkan ke dalam koper, pasti dibongkar, pasti ketahuan, jemaah haji dilarang memasukkan air zamzam di koper baik besar dan kecil," kata Ikbal.

Dia juga mewanti-wanti jemaah haji untuk tidak mengenakan emas berlebihan. Hal ini mengingat kebiasaan jemaah haji asal Sulsel yang kerap memamerkan emasnya begitu tiba di Tanah Air.

"Jangan membawa barang yang dilarang terutama emas, yang berlebihan, atau uang di atas Rp100 juta. Itu akan diperiksa oleh teman-teman Bea Cukai. Kalau ada emas, jangan dipamerkan ke publik, simpan aja di koper atau tas," kata Ikbal.

Baca Juga: Mengenal Aplikasi Kawal Haji dan Skema Murur

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya