Ini Cara Cek Kompensasi Listrik bagi Pelanggan PLN UID Sulselrabar

Pelanggan yang terdampak pemadaman listrik dapat kompensasi

Makassar, IDN Times - Pelanggan PLN yang mengalami pemadaman listrik bergilir sejak dua bulan terakhir akan segera mendapatkan kompensasi. Kompensasi ini diberikan kepada pelanggan yang telah dirugikan atas pemadaman listrik tersebut.

Sesuai dengan Permen ESDM Nomor 18 Tahun 2023 Tentang Tingkat Mutu Pelayanan dan Biaya, PLN telah memproses kompensasi. Kompensasi ini diberikan kepada kurang lebih 2,1 juta pelanggan di Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat daratan yang terdampak manajemen beban.

"Bagi pelanggan yang terdampak, PLN akan memberikan kompensasi pengurangan pembayaran bagi pelanggan kWh pascabayar. Sedangkan bagi pelanggan kWh prabayar, PLN telah menyalurkan kompensasi melalui penambahan kWh saat pembelian token," kata General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat, Moch. Andy Adchaminoerdin, dalam siaran persnya, Jumat (1/12/2023).

Baca Juga: PLN Siapkan Rp39 Miliar untuk Kompensasi Pemadaman Listrik di Sulsel

1. Kompensasi tersalurkan secara otomatis

Ini Cara Cek Kompensasi Listrik bagi Pelanggan PLN UID SulselrabarIlustrasi harga listrik (IDN Times/Arief Rahmat)

Untuk pelanggan pascabayar, kompensasi tersebut akan tersalurkan secara otomatis saat pembayaran tagihan. Sementara untuk pelanggan prabayar, mereka akan mendapatkan token kompensasi saat membeli token terbaru.

Kompensasi dapat dicek pada bagian paling bawah slip pembelian token. Selanjutnya, nomor token tersebut diinput pelanggan prabayar pada kWh meternya untuk mendapatkan penambahan kWh kompensasi.

"Bagi pelanggan prabayar yang sudah telanjur membuang slip pembayaran tanpa sempat melihat dan memasukkan token kompensasi jangan khawatir, pelanggan dapat melakukan pengecekan melalui aplikasi PLN Mobile," kata Andy.

2. Pelanggan bisa akses PLN Mobile

Ini Cara Cek Kompensasi Listrik bagi Pelanggan PLN UID SulselrabarIlustrasi PLN Mobile (dok. PLN)

Untuk mengeceknya, pelanggan cukup mengakses PLN Mobile. Berikut ini adalah cara mengecek kompensasi melalui Aplikasi PLN Mobile : 

1. Buka Aplikasi PLN Mobile, aplikasi ini dapat diunduh melalui AppStore dan Playstore
2. Klik layanan Kelistrikan pada Aplikasi PLN Mobile
3. Pilih No. ID pelanggan yang dimiliki
4. Pilih Riwayat Pembelian Token
5. Input No token kompensasi yang tertera pada struk pembelian token.

3. PLN upayakan tambah pembangkit

Ini Cara Cek Kompensasi Listrik bagi Pelanggan PLN UID SulselrabarPetugas PLN memeriksa keandalan jaringan listrik. (dok. PLN)

Sistem kelistrikan Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel) sedang terganggu akibat fenomena El Nino. Musim kering yang berkepanjangan mengakibatkan keterbatasan kemampuan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Sistem kelistrikan Sulbagsel sangat bergantung pada sumber listrik dari PLTA, yaitu sebesar 33 persen dari total pasokan listrik. Di sisi lain, Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang dimaksimalkan produksinya secara terus-menerus juga perlu menjalani maintenance (pemeliharaan) sehingga manajemen beban harus dilakukan. 

"Namun berkat keberhasilan Teknologi Modifikasi Cuaca, beberapa PLTA sudah mulai beroperasi maksimal untuk menyuplai pasokan listrik," kata Andy.

Sampai saat ini, PLN terus mengupayakan penambahan pembangkit. Hal ini untuk mengoptimalkan sistem interkoneksi sistem kelistrikan Sulbagsel yang terhubung mulai dari Sulawesi Selatan daratan, Sulawesi Barat, Palu (Sulawesi Tengah) dan Sulawesi Tenggara daratan sehingga bisa saling menopang.

“Kami upayakan juga dengan penambahan pembangkit yang saat ini sudah masuk 30 MW.  Kemudian akan masuk lagi tambahan 50 MW pada akhir Desember 2023. Kami juga sedang lakukan percepatan penambahan pembangkit Inter Temporary Capacity di Punagaya sebesar 200 MW yang ditargetkan masuk sistem pada Maret 2024,” kata Andy.

Baca Juga: Pemadaman Sampai 6 Jam, PLN Minta Maaf, Minta Pelanggan Turunkan Beban

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya