Enam Atlet Takraw Peraih Medali SEA Games 2023 Tiba di Makassar

Atlet takraw Sulsel meraih 2 emas, 1 perak, 2 perunggu

Makassar, IDN Times - Enam atlet sepak takraw asal Sulawesi Selatan yang berlaga di SEA Games 2023 Kamboja tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Jumat (26/5/2023). Mereka dijemput oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulsel Suherman dan Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau.

Suherman menuturkan cabor sepak takraw berhasil menyumbangkan dua medali emas, satu medali perak, dan dua medali perunggu untuk Indonesia di ajang SEA Games Kamboja 2023. Sebelum kembali ke Makassar, para atlet ini terlebih dahulu tiba di Jakarta untuk tes menghadapi Asian Games.

"Tadi pagi kami menjemput dan alhamdulillah ada juga Bupati Pangkep yang hadir bersama kami. Jumlah atlet yang hadir enam atlet takraw, empat putra, dua putri dan satu pelatih putri dan satu pelatih putra," kata Suherman.

Baca Juga: Daftar Atlet Sulsel Penyumbang 6 Medali Emas di SEA Games 2023

1. Atlet disiapkan sambut Asian Games

Enam Atlet Takraw Peraih Medali SEA Games 2023 Tiba di MakassarPesepak takraw Indonesia Saiful Rizal (kanan) dan Muhammad Hardiansyah Muliang (kiri) melakukan rejaman (smash) ke arah tim Myanmar pada pertandingan final sepak takraw beregu putra SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (13/5/2023). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Suherman menyatakan pihaknya berharap setelah pulang dari SEA Games, para atlet ini juga bisa lolos mengikuti Asian Games 2023 di Hangzhou, Cina. Para atlet juga diharapkan tetap menjalani latihan agar bisa menghadapi PraPON dan PON 2024 di Aceh.

"Begitu juga pelatih, begitu sudah tiba di Makassar sudah harus turun memberikan ilmunya apa yang mereka dapatkan selama ini kepada atlet-atlet Sulsel yang akan persiapan Pra PON dan PON," kata Suherman.

2. Targetkan medali emas di Asian Games

Enam Atlet Takraw Peraih Medali SEA Games 2023 Tiba di MakassarPenyambutan atlet dan pelatih takraw asal Sulawesi Selatan yang baru kembali dari SEA Games 2023 Kamboja. (Dok. Dispora Sulsel)

Suherman mengaku bangga dengan pencapaian atlet Sulsel di SEA Games, khususnya cabor takraw ini yang berhasil memperoleh medali emas. Medali emas disumbangkan di kelas double event putra dengan double regu putra ini yaitu Ardiansyah dan Rusdi serta Andi Trisandi dan Ricky.

Dengan pencapaian ini, Suherman berharap cabor takraw juga bisa menyumbangkan medali emas bagi Indonesia d ajang Asian Games 2023 nanti. Karena itu, Suherman menegaskan agar para atlet ini tidak berhenti latihan.

"Begitu dia masuk di ASIAN Games sudah bisa mendulang kembali medali emas. Apalagi dia harus menghadapi nanti di PON," kata Suherman.

3. Atlet diharapkan kembangkan takraw di daerah asal

Enam Atlet Takraw Peraih Medali SEA Games 2023 Tiba di MakassarIlustrasi: Tim Sepak Takraw Double Event Sulawesi Selatan bertanding di PON XX Papua 2020. ( Foto PB PON XX PAPUA/Gino F Hadi)

Para atlet ini akan kembali ke kampung halaman masing-masing sebab tidak semuanya berasal dari Makassar. Ada yang dari Kabupaten Pangkep, Selayar, Pinrang, dan Luwu Utara.

"Harapan kami ini bahwa mereka begitu kembali ke daerahnya bisa mengembangkan pesepak takraw di daerahnya," kata Suherman.

Baca Juga: Daftar Atlet Sulsel Penyumbang 6 Medali Emas di SEA Games 2023

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya