Demo di Depan Kampus UIN Alauddin, Mahasiswa Tutup Jalan

Massa memprotes wacana Presiden tiga periode

Makassar, IDN Times - Puluhan mahasiswa mulai berkumpul di depan kampus 1 Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, Jalan Sultan Alauddin Makassar, Senin (11/4/2022) siang. Mereka menggelar demonstrasi menolak wacana presiden tiga periode, penundaan Pemilu 2024, dan memprotes sejumlah masalah seperti naiknya bahan pokok termasuk minyak goreng.

Pantauan IDN Times, massa mulai berdatangan sejak pukul 12.00 WITA. Tak lama setelahnya, sejumlah orang kembali berdatangan menggunakan sepeda motor layaknya konvoi.

Massa terlihat mulai meneriakkan orasinya. Ada juga yang menyanyikan lagu-lagu berisi kritikan kepada pemerintah.

Baca Juga: Ini Daftar Titik Demo 11 April di Makassar Hari Ini

1. Massa membakar ban

Demo di Depan Kampus UIN Alauddin, Mahasiswa Tutup JalanDemo di depan kampus UIN Alauddin Makassar, Senin (11/4/2022). IDN Times/Ashrawi Muin)

Massa yang sebagian besar mengenakan pakaian hitam dan abu-abu itu tampak membakar ban. Bahkan sejauh ini sudah ada dua ban yang dibakar hingga menimbulkan asap hitam yang pekat.

Saat ban yang satunya habis terbakar, salah seorang demonstran terlihat mengambil sebuah ban lagi. Dia kemudian melumuri ban itu dengan bensin. Tak lama setelahnya dia memantik api di atas ban tersebut.

2. Massa protes wacana presiden tiga periode

Demo di Depan Kampus UIN Alauddin, Mahasiswa Tutup JalanIlustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Dalam orasinya, massa meneriakkan penolakan terhadap wacana presiden tiga periode. Mereka juga memprotes kenaikan sejumlah kebutuhan pokok masyarakat.

"Minyak goreng naik, Pertamax naik harganya. Oleh karena itu, kami turun ke jalan. Mari kita menyuarakan aspirasi kita kawan-kawan," kata Muhammad Arya Dwi Madaprama, Koordinator Lapangan aksi mahasiswa.

3. Akses jalan mulai ditutup

Demo di Depan Kampus UIN Alauddin, Mahasiswa Tutup JalanDemo di depan kampus UIN Alauddin Makassar, Senin (11/4/2022). (IDN Times/Ashrawi Muin)

Aparat kepolisian pun mulai menutup akses jalan dari arah Jalan Sultan Alauddin dengan bambu dan safety con bar (penghalang jalan berwarna oranye). 

Palang dipasang di depan kampus UIN. Kendaraan yang hendak dari Jalan Sultan Alauddin menunju Jalan Pettarani pun harus dialihkan ke lajur sebelahnya. Kendari demikian, sejauh ini lalu lintas masih terpantau lancar dan belum ada kemacetan.

Baca Juga: Pedemo Mulai Padati Kawasan Flyover Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya