Danny Pomanto Ingin Sambung Tol Layang Pettarani ke Pantai Losari

Tapi Menteri PUPR maunya tol layang akan disambung ke MNP

Makassar, IDN Times - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto menyampaikan keinginannya menyambung tol layang Pettarani hingga ke Pantai Losari. Hal tersebut, kata Danny, akan berdampak luar biasa.

"Ini dampak yang luar biasa, apalagi kalau jalan tolnya sambung sampai Pantai Losari, lebih sehat lagi Makassar. Lebih tidak macet lagi," kata Danny saat memberikan pidato sambutan pada peresmian tol layang Pettarani oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, Kamis (18/3/2021). 

Saat ini, kata Danny, jalan tol layang Pettarani sudah menjadi kebanggaan luar bisa bagi Kota Makassar. Bukan saja karena solusi kemacetan tapi juga dimanfaatkan oleh pengendara sepeda untuk berlindung di bawah jalan tol.

1. Danny sebut tol layang adalah mimpi yang jadi kenyataan

Danny Pomanto Ingin Sambung Tol Layang Pettarani ke Pantai LosariWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto saat peresmian tol layang Pettarani, Kamis (18/3/2021). Humas Pemkot Makassar

Bagi Danny, peresmian jalan tol layang Pettarani merupakan mimpi yang menjadi kenyataan. Pasalnya, sebelum dirinya menjadi wali kota Makassar, dia merupakan konsultan untuk proyek tersebut.

"Kami konsultannya langsung dan kami paham betul, karena kami dulu perencana kota sekaligus arsitek. Kami tahu persis deliniasinya. Kami hapal sampai sekarang dari 2015 sehingga persemian jalan tol jadi mimpi kami," kata Danny.

Atas nama seluruh masyarakat Kota Makassar, Danny pun mengucapkan terima kasih atas peresmian jalan tol setelah 6 bulan penantian. 

"Dan mudah-mudahan mimpi kami berikutnya tercapai sambung sampai Pantai Losari, menjadi inner ring road kita yang dibanggakan," kata Danny.

2. Menteri PUPR akan sambung tol layang ke MNP

Danny Pomanto Ingin Sambung Tol Layang Pettarani ke Pantai LosariJalan tol layang Pettarani di Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan tol layang akan dilanjutkan dulu menuju Makassar New Port (MNP). Hal itu, kata dia, merupakan perintah dari Komisi V DPR RI.

"Habis ini mungkin di kuartal kedua sudah bisa kita mulai. Jadi tahun ini sudah bisa dikerjakan untuk yang ke Makassar New Port," kata Basuki.

Soal keinginan Danny yang hendak menyambung tol layang Pettarani hingga ke Pantai Losari, Basuki mengatakan itu belum bagian dari proyek prioritas.

"Untuk tahap sekarang kita akan fokus koneksi ke Makassar New Port," katanya.

Baca Juga: Diresmikan, Tol Layang Pettarani Makassar Masih Gratis

3. Tol layang pertama di kawasan Timur Indonesia

Danny Pomanto Ingin Sambung Tol Layang Pettarani ke Pantai LosariJalan tol layang Pettarani di Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Tol layang Pettarani di Kota Makassar merupakan jalan tol layang pertama di Kawasan Timur Indonesia. Tol sepanjang 4,3 km ini disebut menjadi ikon baru Kota Makassar.

Tol layang dengan nilai investasi sebesar Rp2,316 triliun ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi untuk mengurai kemacetan lalu lintas yang selama ini terjadi di jalan arteri sekitar Kawasan Panakkukang dan Rappocini. 

Dengan beroperasinya tol layang Pettarani, diharapkan juga dapat mengurangi waktu 
tempuh karena pengguna jalan tidak perlu melewati banyak persimpangan di jalan arteri yang sering mengalami kemacetan.

Jalan tol layang Pettarani akan menghubungkan bagian Selatan Kota Makassar dan Kabupaten Gowa dengan Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar New Port dan Bandara Internasional Sultan Hasanudin. 

Baca Juga: Malam ini Tol Layang Pettarani Makassar Sudah Bisa Digunakan, Gas!

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya