Comscore Tracker

Danny Pomanto Ingin Gantikan Honorer dengan Laskar Pelangi, Apa Itu?

Pemkot Makassar bakal pangkas tiga ribu tenaga honorer

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar berencana memangkas tenaga honorer. Jumlahnya bakal dikurangi sekitar tiga ribu orang, dari jumlah saat ini lebih dari delapan ribu orang.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan "Danny" Pomanto mengatakan jumlah honorer terlalu banyak dan tidak ideal, sehingga membebani operasional.

"Ini kan potensi besar juga tenaga kontrak. Tapi kalau salah-salah, tidak efektif, operasional jadi bengkak," kata Danny di kediamannya, Rabu (29/4/2021).

Baca Juga: Tersangka Narkoba, 4 ASN Pemkot Makassar Diberhentikan dari Jabatan

1. Aturan pengangkatan honorer perlu dievaluasi

Danny Pomanto Ingin Gantikan Honorer dengan Laskar Pelangi, Apa Itu?Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Danny mengatakan pegawai honorer memang dibutuhkan karena jumlah aparatur sipil negara (ASN) sedikit, sedangkan ada 300-400 yang pensiun setiap tahun. Di sisi lain, penerimaan ASN tidak sebanding dengan jumlah yang pensiun.

"Contoh, saya kemarin dapat laporan dari Dinas Kesehatan bahwa kita kekurangan 80-an dokter. Ini kan gawat juga di kota besar begini dokter yang kurang," kata Danny.

Meski begitu, Pemkot Makassar tetap dianggap perlu perlu mengevaluasi semua regulasi yang berkaitan dengan pengangkatan tenaga honorer. Kemungkinan juga akan dibuat regulasi baru soal itu.

"Banyak faktornya, rupanya faktor penggajian dan tunjangannya yang tidak terlalu memadai. Ini perlu diperbaiki semua, dievaluasi," katanya.

2. Pemangkasan direncanakan pada pertengahan tahun 2021

Danny Pomanto Ingin Gantikan Honorer dengan Laskar Pelangi, Apa Itu?Ilustrasi guru honorer. Antara Foto/Rivan Awal Lingga

Kontrak tenaga honorer Pemkot Makassar baru berakhir di bulan Desember 2021. Namun Danny tak ingin menunggu terlalu lama sehingga berencana memangkas lebih awal, yakni di pertengahan tahun. 

"Biar tengah jalan pun saya ini, karena kita tidak punya waktu lagi. Saya kira semester pertama Juni, saya canangkan itu, Juni sudah harus lari semua," kata Danny.

Namun Danny mengaku pihaknya masih sementara menelusuri soal aturan pengangkatan tenaga honorer serta administrasi keuangan dan honorariumnya.

"Ini sekarang saya minta bagian hukum untuk menelusuri perwali-perwalinya supaya kita bikin perwali baru saja nanti," katanya.

3. Danny ganti konsep tenaga honorer jadi Laskar Pelangi

Danny Pomanto Ingin Gantikan Honorer dengan Laskar Pelangi, Apa Itu?Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Setelah dievaluasi dan dipangkas, tenaga honorer akan dilebur dan berganti konsep menjadi Laskar Pelangi. Itu singkatan dari Laskar Pelayanan Publik Integritas. Danny mengatakan tenaga ini akan direkrut sesuai dengan kebutuhan serta punya kemampuan di masing-masing bidang.

"Nanti bidang-bidangnya diatur, bidang kebersihan, bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang sosial, jadi sudah ada pembidangan pegawai kontrak sebagai bantuan," kata Danny.

Baca Juga: Pemkot Makassar Bentuk Satgas Raika, Bertugas Mengurai Kerumunan

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya