Danny Pomanto Ancam Gunakan Buldozer Hentikan Proyek Twin Tower di CPI

Danny soroti izin pembangunan proyek impian Nurdin Abdullah

Makassar, IDN Times - Proyek Stadion Mattoanging dan Twin Tower di Kota Makassar, kini nasibnya masih belum jelas setelah Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) nonaktif Nurdin Abdullah ditangkap KPK. Nurdin ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap dan gratifikasi proyek infrastruktur.

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengklaim bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan jajarannya terlebih dahulu mengenai kelanjutan proyek-proyek besar, termasuk kedua proyek tersebut.

"Kita akan berkoordinasi secara internal. Tunggu saja," ujar Sudirman saat ditemui di sela kegiatan Forum OPD Dinas PUTR Sulsel di Hotel Four Points Makassar, Rabu (3/3/2021).

1. Tidak ada visi misi baru di era Sudirman

Danny Pomanto Ancam Gunakan Buldozer Hentikan Proyek Twin Tower di CPIWakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. IDN Times/Asrhawi Muin

Namun Sudirman menegaskan tidak ada visi misi baru setelah dia ditunjuk menjadi Plt Gubernur Sulsel. Visi misi yang dipegangnya tetap sama saat dia masih bersama Nurdin Abdullah. 

"Jadi saya Plt, apa yang sudah kita tetapkan bersama di 2018 kita akan jalankan. Tapi kita menghadapi COVID-19, ada beberapa penyesuaian, pertama kita refocusing dulu, dan akan bertahap," kata Sudirman.

Ketika disinggung soal kelanjutan proyek Stadion Mattoanging dan Twin Tower di lahan reklamasi CPI, Sudirman memilih tak berkomentar lebih jauh.

"Pokoknya, no comment dulu untuk itu, paling tidak kita akan melakukan pembayaran utang," kata Sudirman.

2. Danny sarankan Stadion Mattoanging dibangun di Barombong

Danny Pomanto Ancam Gunakan Buldozer Hentikan Proyek Twin Tower di CPIDED Stadion Mattoanging yang dibuat oleh PT Arkonin. IDN Times/Istimewa

Sementara itu, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto justru menyoroti soal Amdalalin (analisis masalah dampak lingkungan dan lalu lintas) proyek Stadion Mattoanging. Dia menilai proyek tersebut belum memiliki izin peruntukan bahkan IMB (izin mendirikan bangunan).

Danny mengaku tidak menganulir ide orang lain termasuk ide merehabilitasi Stadion Mattoanging. Menurutnya, ide Nurdin Abdullah itu sudah bagus hanya saja lokasinya yang tidak sesuai tata ruang.

"Saya tidak batalkan ide itu. Yang saya mau adalah cari tempat yang sesuai tata ruang dan itu di Barombong. Kalau mau bangun di sampingnya Stadion Barombong. Jadi ada dua stadion tidak apa-apa," kata Danny.

Baca Juga: Twin Tower di CPI, Proyek Prestisius atau Ngawur?

3. Danny ancam kerahkan buldozer hentikan proyek Twin Tower jika tidak ada IMB

Danny Pomanto Ancam Gunakan Buldozer Hentikan Proyek Twin Tower di CPIDED Twin Tower di CPI Makassar. Dok. Humas Pemprov Sulsel

Danny juga menyoroti IMB untuk proyek Twin Tower di lahan reklamasi CPI Makassar. Bukan itu saja, dia menyoroti proyek tersebut karena berdiri di atas lahan ruang terbuka hijau (RTH). 

Danny pun menegaskan bahwa harus ada IMB jika pembangunan Twin Tower tetap dilanjutkan. Jika tidak, maka dia mengancam akan menggunakan buldozer untuk menghentikan proyek tersebut.

"Kalau tidak, masa kasihan rumah rakyat yang tidak ada IMB digusur, dihancurkan, baru pemerintah di pelupuk mata begini tapi tidak ada IMB-nya, bagaimana caranya? Contoh yang jelek sekali," katanya.

Baca Juga: Plt Gubernur Sulsel akan Evaluasi Proyek-Proyek Impian Nurdin Abdullah

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya