CRC: Jelang Pilkada Makassar, Elektabilitas ADAMA Tertinggi

Elektabilitas Appi-Rahman melonjak paling signifikan

Makassar, IDN Times - Lembaga riset Celebes Research Center (CRC) merilis survei terbarunya jelang Pilkada Makassar 9 Desember 2020. Survei merekam tingkat keterpilihan alias elektabilitas masing-masing pasangan calon.

Menurut survei yang digelar 23-28 November 2020, pasangan nomor urut 1 Mohammad Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi (ADAMA) unggul dengan elektabilitas 45,9 persen. Di posisi kedua, Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando menggapi elektabilitas 35,2 persen.

Selanjutnya paslon nomor urut 3 Syamsu Rizal-Fadli Ananda meraih elektabilitas 9,6 persen, disusul paslon nomor urut 4 Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Armin sebesar 6,6 persen.

"Sementara 2,7 persen lainnya masih menjawab tidak tahu atau mereka yang belum menentukan pilihan," kata Manager Research CRC, Muhammad Nur Hidayat dalam konferensi pers di Hotel D'maleo Makassar, Kamis (3/12/2020).

Baca Juga: Millennial Makassar, Ini Tawaran 4 Calon Wali Kota untuk Generasimu

1. Elektabilitas Appi-Rahman meningkat signifikan

CRC: Jelang Pilkada Makassar, Elektabilitas ADAMA TertinggiCelebes Research Center merilis survei elektabilitas Pilkada Makassar di Hotel D'maleo, Kamis (3/12/2020). IDN Times/Asrhawi Muin

Hidayat menerangkan, survei digelar dengan melibatkan seribu responden yang sudah memiliki hak pilih di Pilkada Makassar 2020. Pihaknya menggunakan metode penarikan sampel acak di 15 kecamatan dengan margin of error  tiga persen, pada selang kepercayaan 95 persen. 

Menurut survei CRC, terdapat peningkatan signifikan pada elektabilitas paslon Appi-Rahman. Pada survei sebelumnya elektabilitas paslon ini 23,5 persen, atau kini naik hampir 12 persen.

Menurut Hidayat, peningkatan elektabilitas pada paslon tersebut terjadi karena mereka lebih masif bersosialisasi. Selain itu juga lebih mampu menjangkau titik-titik suara di Makassar. 

"Kemampuannya berhasil meraup undecided voters yang sebelumnya 15,6 persen, kini menjadi 2,7 persen. Selain itu juga dia berhasil menggerus suara paslon nomor urut 3," kata Hidayat.

2. Elektabilitas paslon Dilan turun

CRC: Jelang Pilkada Makassar, Elektabilitas ADAMA TertinggiCelebes Research Center merilis survei elektabilitas Pilkada Makassar di Hotel D'maleo, Kamis (3/12/2020). IDN Times/Asrhawi Muin

Pada survei sebelumnya, paslon nomor urut 3 Deng Ical- Fadli (Dilan) meraih elektabilitas 14,0 persen, atau kini turun sekitar tiga persen. Sedangkan elektabilitas paslon nomor urut 4 None-Zunnun naik tipis dari 6,5 persen menjadi 6,6 persen.

Paslon nomor 1 ADAMA, meski unggul, tapi elektabilitasnya tidak meningkat signifikan. Pada survei sebelumnya, elektabilitas paslon ini 40,4 persen.

"Paslon 1 secara umum voter-nya tidak berubah, tapi kenaikannya tidak terlalu signifikan seperti paslon 2," kata Hidayat.

3. Debat ketika akan mempengaruhi elektabilitas

CRC: Jelang Pilkada Makassar, Elektabilitas ADAMA TertinggiDebat publik Pilkada Makassar di Gedung Kompas TV, Palmerah, Jakarta Barat, Sabtu (7/11/2020). KPU Makassar

Hidayat menyebut persaingan di Pilkada Makassar kini mengerucut pada dua paslon, yakni nomor urut 1 dan 2. Menurutnya, masih ada kemungkinan pilihan masyarakat berubah setelah menonton debat ketiga.

Bagi Hidayat, tidak ada cara lain bagi paslon untuk meningkatkan elektabilitas kecuali dengan menambahkan kekuatan mereka berkali lipat dari biasanya. Mereka harus menggenjot tingkat keterpilihannya dengan meningkatkan sosialisasi.

"Kalau dulu cuma sosialisasi di tiga titik kini bisa ditingkatkan lima titik per hari. Selain itu, masih ada debat terakhir yang bisa mengubah pilihan masyarakat," kata Hidayat.

Menurut survei CRC, 50,7 persen responden ternyata akan kembali menonton debat paslon ketiga. Selain itu 36,8 persen dari mereka tidak akan menonton, sedangkan 12,5 persen mengaku tidak tahu atau tidak menjawab.

Sebanyak 56,6 persen merasa bahwa debat publik tidak memengaruhi pilihan mereka. Ada 41 persen yang merasa debat mempengaruhi pilihan, sedangkan 2,4 persen tidak menjawab.

Baca Juga: Distribusi Logistik Pilkada Makassar Dimulai Paling Lambat H-3

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya