Ajukan 50 Bacaleg, Demokrat Makassar Target 2 Kursi Tiap Dapil

Tanggal dan jam pendaftaran sesuai nomor partai Demokrat

Makassar, IDN Times - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Makassar resmi mengajukan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) DPRD Kota Makassar. Rombongan DPC Demokrat tiba di kantor KPU Makassar sekitar pukul 14.00 WITA, Minggu (14/5/2023).

Demokrat mengajukan 50 bacaleg pada Pemilu 2024 sesuai jumlah dapil dan kursi. Berkas yang diajukan ke KPU dinyatakan lengkap 100 persen. 

"Baru saja kami diterima oleh KPU Kota Makassar dan sudah dinyatakan sah lengkap 100 persen. Tentu ini tidak terlepas dari kerja kami, terima kasih LO, para tim admin yang memang senantiasa berhari-hari sampai subuh," kata Ketua DPC Demokrat Makassar, Adi Rasyid Ali kepada awak media.

1. Tanggal 14 sesuai nomor urut Demokrat

Ajukan 50 Bacaleg, Demokrat Makassar Target 2 Kursi Tiap DapilPartai Demokrat (demokrat.or.id)

Adi Rasyid Ali atau yang akrab disapa ARA menjelaskan alasan partainya sengaja memilih tanggal 14 Mei yang notabene merupakan hari terakhir pendaftaran. Hal ini lantaran tanggal 14 Mei sesuai dengan nomor urut Partai Demokrat.

Atas alasan itu pula, Demokrat memilih jadwal kedatangan pada pukul 14.00 WITA atau pukul 2 siang. ARA menyebut pengajuan bacaleg ini sebagai momentum bersejarah bagi Demokrat.

"Kami menyampaikan bahwa insyaallah ini hari bersejarah. Kenapa saya katakan sejarah, karena kita mendaftar di tanggal 14, itu nomor partai Demokrat," ucap ARA yang langsung disambut riuh para bacaleg maupun kader yang mendampingi.

2. Andalkan petahana untuk raih minimal dua kursi tiap dapil

Ajukan 50 Bacaleg, Demokrat Makassar Target 2 Kursi Tiap DapilMedia Center

Pada Pemilu 2019, Demokrat mendapat 6 kursi. Pada Pemilu 2024 nanti, Demokrat berani menargetkan dua kursi di setiap dapil.  Untuk DPRD Kota Makassar, ada 5 dapil yang akan diperebutkan oleh para bacaleg.

Untuk meraih target tersebut, Demokrat juga sama seperti parpol lainnya yang mengandalkan petahana atau incumbent. ARA menyatakan semua legislator Demokrat di DPRD Kota Makassar tetap maju dalam Pemilu 2024. Namun satu legislator yaitu Fatma Wahyuddin yang juga Sekretaris DPC Demokrat Makassar maju untuk tingkat DPRD Sulsel.

"Semua incumbent tetap nyaleg di DPRD Kota Makassar. Alhamdulillah itu semua kita jadikan pemetaan dan hampir setiap dapil kita sudah bisa melakukan survey dan meraih dua kursi minimal," katanya.

Baca Juga: Daftarkan Bacaleg, PPP Incar Kursi Pimpinan DPRD Makassar 

3. Nama bacaleg masih bisa berubah

Ajukan 50 Bacaleg, Demokrat Makassar Target 2 Kursi Tiap DapilIlustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Lebih lanjut, ARA menjelaskan bahwa nama-nama yang diajukan masih berpeluang berubah di daftar caleg sementara (DCS). Perubahan komposisi itu bisa terjadi karena hal-hal teknis. 

Sembari menunggu daftar caleg tetap (DCT), Demokrat akan memanfaatkan kesempatan itu untuk benar-benar memantapkan komposisi setiap dapil.

"Nanti kalau DCT sudah tidak bisa berubah. Masih ada beberapa bulan untuk kita meramu semua komposisi yang ada di setiap dapil," katanya.

Baca Juga: Besok Terakhir, Baru 6 Partai Daftarkan Bacaleg ke KPU Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya