TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sulawesi Selatan Terpilih sebagai Role Model Birokrasi di Indonesia

Bantaeng dijadikan tolak ukur

IDN Times/Didit Hariyadi

Makassar, IDN Times - Sulawesi Selatan terpilih sebagai role model atau percontohan untuk reformasi birokrasi di Indonesia. Itu disampaikan langsung oleh Knowledge Sector Initiative (KSI) yang bekerja sama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Yayasan Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia (BaKTI).

Perwakilan KSI, Ria Arief mengatakan bahwa lembaganya memang telah lama melaksanakan program tersebut bersama Pemerintah Indonesia dan Australia. Dalam meningkatkan kualitas kebijakan publik di Indonesia, dengan menggunakan riset, analisis, dan bukti.

“Kami yakin Gubernur Nurdin mampu mengubah birokrasi di Sulsel seperti mengubah birokrasi dan revolusi mental masyarakat Bantaeng,” ucap Ria Arief, Jumat (17/5).

Baca Juga: Gubernur Nurdin: Masyarakat Sulsel Tolak Gerakan People Power

1. Tolok ukur KSI adalah sistem birokrasi di Bantaeng

IDN Times/Abdurrahman

Ria Arief mengaku timnya telah melakukan riset ke Kabupaten Bantaeng terkait perubahan drastis sistem birokrasi, pelayanan pemerintahan, dan sikap masyarakat. Dia optimis, Nurdin mampu membawa perubahan di Sulsel dengan pengalaman memimpin Bantaeng selama 10 tahun.

Dia berharap, Nurdin mampu mendorong peningkatan kapasitas sumber daya manusia yang bermuara pada kemajuan ekonomi. “Ini modal besar bagi gubernur,” tutur dia.

Baca Juga: 5 Fakta Perjalanan Nurdin Abdullah, Gubernur Sulsel Bergelar Profesor

2. Penyederhanaan birokrasi bisa menggerakkan ekonomi

IDN Times/Didit Hariyadi

Ia mengatakan dengan penyederhanaan birokrasi bisa menyebabkan budaya berkembang, bahkan mampu menggerakkan perekonomian Sulsel. Menurut Ria, mesin ekonomi tersebut sangat berpengaruh dengan kinerja seluruh komponen dalam pemerintahan dan masyarakat.

Dia kembali mencontohkan Bantaeng yang dulunya adalah kabupaten tertinggal. Namun, dengan sistem birokrasi yang diterapkan Nurdin selama memimpin 10 tahun Bantaeng, wilayah itu berkembang.

Baca Juga: [LINIMASA] Data dan Fakta Arus Mudik Lebaran 2019

Berita Terkini Lainnya