TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

DP2 Makassar Awasi Penjualan Hewan Kurban di 8 Kecamatan

DP2 Makassar bentuk tim pencegahan PMK

ilustrasi hewan kurban (ANTARA FOTO/Makna Zaezar)

Makassar, IDN Times - Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), telah menjadwalkan pemeriksaan hewan kurban jelang Idul Adha 1443 Hijriah.

"Kita akan turun melakukan pemeriksaan hewan kurban pada 1 juli nanti," kata Kepala DP2 Makassar, Evi Aprialty kepada IDN Times Sulsel, Sabtu (25/6/2022) malam.

Evi menyebutkan, pemeriksaan dilakukan terhadap hewan kurban yang dijual para pedagang di wilayah Kota Makassar.

1. Delapan kecamatan jadi target DP2

Ilustrasi Hewan Kurban (IDN Times/Besse Fadhilah)

Evi menjelaskan, ada delapan wilayah kecamatan di Makassar yang menjadi target pemeriksaan hewan kurban dalam mengantisipasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

"Ada delapan kecamatan yang jadi target karena memang titik-titik ini sudah ditetapkan oleh pihak kecamatan tersebut untuk penjual hewan kurban," Jelas Evi.

Delapan Kecamatan yang dimaksud yaitu, Kecamatan Panakkukang, Biringkanaya, Tallo, Manggala, Rappocini, Tamalanrea, Tamalate, dan Kecamatan Bontoala.

Baca Juga: Marak Pedagang Sapi di Gowa Jelang Idul Adha, Harga Sampai Rp150 Juta

2. Hewan kurban sehat memiliki kartu

Pemeriksaan hewan ternak. (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Untuk memastikan hewan kurban terbebas dari PMK atau sehat secara menyeluruh, kata Evi, pihaknya akan memberikan kartu sehat bagi hewan yang sudah diperiksa.

"Jadi pemberian kartu tanda sehat akan diberikan setelah tim pemeriksa hewan kurban melakukan pemeriksaan, kalau dinyatakan sehat maka akan kita berikan," lanjut Evi.

Baca Juga: Marko, Sapi Kurban 1,4 Ton asal Malakaji yang Laku Rp150 Juta

Berita Terkini Lainnya