3 Anggota Jemaah Haji Wajo Pulang Lebih Awal, Ini Alasannya

Tanazul diprioritaskan untuk lansia dan berisiko tinggi

Makassar, IDN Times - Tiga anggota jemaah haji asal Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan mendapatkan tanazul atau pulang lebih awal dari Tanah Suci. Tanazul adalah mutasi atau perpindahan dari satu kelompok terbang (kloter) ke kloter lain.

Tiga anggota jemaah haji Wajo yang mendapat tanazul pulang bersama kloter 9 Debarkasi Makassar, yang tiba Selasa pagi (11/7/2023). Awalnya mereka dijadwalkan pulang bersama Kloter 39.

Baca Juga: Viral Jemaah Haji Makassar Pakai 15 Lapis Pakaian Hindari Over Bagasi

1. Tahun ini 676 anggota jemaah haji se-Indonesia mendapatkan tanazul

3 Anggota Jemaah Haji Wajo Pulang Lebih Awal, Ini AlasannyaIlustrasi jemaah haji. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Menurut data Kementerian Agama, Pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 1444 H/ 2023 M, sebanyak 676 anggota jemaah haji mendapatkan persetujuan untuk menjalani tanazul. Mereka berasal dari berbagai daerah.

Tanazul antara lain diberikan dari berbagai embarkasi, mulai dari Banda Aceh (BTJ), Medan (KNO), Batam (BTH), Palembang (PLM), Jakarta-Pondok Gede (JKG), Jakarta-Bekasi (JKS). Lalu Solo (SOC), Kertajati (KJT), Lombok (LOP), Surabaya (SUB), Makassar (UPG), dan Balikpapan (BPN).

2. Tanazul diprioritaskan bagi jemaah haji berisiko tinggi dan lansia

3 Anggota Jemaah Haji Wajo Pulang Lebih Awal, Ini AlasannyaSalah satu lansia dalam rombongan jemaah haji kloter I yang masuk Asrama Haji Sudiang Makassar, Selasa (23/5/2023). (Dok. Kemenag Sulsel)

Kemenag memberikan tanazul untuk jemaah haji dengan kriteria khusus. Di antaranya berisiko tinggi dan lanjut usia alias di atas 65 tahun.

"Saya kira ini juga baik untuk kesehatan jemaah haji lansia dan risti ini agar bisa kembali ke Tanah Air dan tidak perlu menunggu lebih lama di sini karena kita tahu cuacanya sangat ekstrem dan berbeda dengan situasi di Indonesia," ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam keterangan yang dikutip, Selasa (11/7/2023).

3. Sebagian jemaah haji Debarkasi Makassar sudah pulang

3 Anggota Jemaah Haji Wajo Pulang Lebih Awal, Ini AlasannyaJamaah calon haji keluar dari aula Mina usai mengikuti pelepasan calon haji di Asrama Haji Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (23/5/2023) malam. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Hingga Selasa pagi, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Makassar sudah menerima kepulangan sembilan kloter jemaah haji. Total 3.526 orang sudah pulang, dari 16.888 yang diberangkatkan ke Tanah Suci.

Pada kloter 9, rombongan berisi 393 orang, termasuk lima petugas kloter. Selain tiga orang asal Wajo dengan status tanazul, jemaah kloter ini berasal dari Provinsi Papua.

Baca Juga: Tampilan Mewah Jemaah Haji Makassar Pakai Emas 180 Gram dari Makkah

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya