Viral Jemaah Haji Makassar Pakai 15 Lapis Pakaian Hindari Over Bagasi

Pakaian itu hendak jadi oleh-oleh dari Makkah

Makassar, IDN Times - Ada-ada saja tingkah jemaah haji asal Kota Makassar saat kembali ke tanah air usai menunaikan rukun Islam kelima itu. Pasalnya, usai viral jemaah haji berbalut emas 180 gram, kini viral jemaah memakai 15 lapis pakaian.

Dalam video yang viral di media sosial, jemaah haji perempuan kelompok terbang (Kloter) 1 Debarkasi Makassar ini bernama Ummi. Dalam video itu, Ummi mengatakan, dia terpaksa memakai 15 lapis pakaian itu agar tidak over bagasi (OB).

"Ini ada 15 baju celana semua, biar sengsara begini yang penting orang di rumah senang ambil (oleh-oleh)," ungkap Ummi yang direkam seorang lelaki saat masih berada di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah pada Selasa (4/7/2023).

Ummi dan salah satu jemaah yang viral karena berbalut emas 180 gram bernama Suarnati Daeng Kanang (46), masuk dalam kloter 1 yang tiba di Bandara Sultan Hasanuddin, Kota Makassar pada Rabu siang (5/7/2023).

1. Jemaah haji Ummi : ini aturan garuda

Viral Jemaah Haji Makassar Pakai 15 Lapis Pakaian Hindari Over BagasiSalah satu jemaah haji bantu Ummi menghitung pakaian yang dipakainnya. (Istimewa)

Berdasarkan dalam video pendek yang direkam seorang pria itu, Ummi terlihat kecapean. Dia duduk di lantai bandara sambil menunggu jadwal penerbangan kepulangannya.

"Masya allah, ini aturan dari garuda (maskapai Indonesia) jadi tidak boleh ditinggal, nanti masalah," ungkap Ummi sambil menghitung baju dan celana yang dipakainya.

Berdasarkan ketentuan dari pihak maskapai atau pihak otoritas bandara, barang bawaan di bagasi dibatasi maksimal 32 Kilogram dan barang bawaan untuk di kabin pesawat maksimal seberat 7 kilogram.

Dalam kasus jemaah haji asal Kota Makassar ini, berat bagasinya kelebihan dan yang bersangkutan disebut dikenakan biaya tambahan 20 Riyal per kilogramnya, atau setara Rp75 ribu per kilogram dengan kurs 1 Riyal sebesar Rp 3.743.

2. Bea Cukai enggan tindaki jemaah pakai emas ratusan juta rupiah asal Makkah

Viral Jemaah Haji Makassar Pakai 15 Lapis Pakaian Hindari Over BagasiSalah satu jemaah haji asal Makassar, Suarnatti Daeng Kanang (46) yang mengenakan emas jadi perhatian di asrama haji Makassar. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Terkait barang bawaan jemaah haji yang tiba di Asrama Haji Sudiang Makassar, petugas Bea Cukai Makassar menghimbau agar para jemaah yang membeli handphone di atas Rp7,5 juta agar dilaporkan.

Sedangkan emas yang dibeli jemaah senilai ratusan juta rupiah di Arab Saudi tidak dilakukan penindakan. Sejumlah wartawan di asrama haji telah mengonfirmasi terkait hal itu tapi petugas Bea Cukai enggan merespons.

3. Jemaah haji perempuan berpenampilan mewah

Viral Jemaah Haji Makassar Pakai 15 Lapis Pakaian Hindari Over BagasiSalah satu jemaah haji asal Makassar, Suarnati Daeng Kanang (46). (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Diberitakan sebelumnya, Suarnati Daeng Kanang (46), salah satu jemaah haji di Kloter 1 Debarkasi Makassar tidak sungkan mengenakan emas 180 gram yang dia belanjakan saat berada di tanah suci Makkah, Arab Saudi.

Saat tiba di asrama Haji Sudiang, Kota Makassar, Rabu siang (5/7/2023) penampilan Suarnati menarik perhatian. Kata dia, penampilannya itu sudah dipersiapkan beberapa jam sebelum pesawat tiba di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. 

"Sebenarnya dari tanah suci sudah saya siapkan, jadi saat di pesawat langsung saya pakai (emasnya). Tidak semua (emas) saya beli disana, jadi 80 (gram) itu saya bawa dari Makassar, 100 gram saya beli disana," ungkap Suarnati.

Pantauan IDN Times Sulsel, tidak sedikit jemaah haji perempuan yang berdandan mewah mengenakan perhiasan emas. Rata-rata dari mereka mengenakan kalung emas, cincin, anting, dan juga gelang di kedua tangannya.

Baca Juga: Tampilan Mewah Jemaah Haji Makassar Pakai Emas 180 Gram dari Makkah

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya