TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Arus Balik Lebaran 2023, Ribuan Orang Masuk Kota Makassar

Orang yang datang ke Makassar didominasi dari daerah timur

Salah satu kapal PT Pelni saat bersandar di Pelabuhan Soeakrno-Hatta Makassar. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Makassar, IDN Times - Pihak PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Makassar mencatat, pada momentum arus balik usai Lebaran 2023, tiap hari ribuan orang terus berdatangan ke Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bagian (Kabag) Operasi dan Pelayanan PT Pelni Cabang Kota Makassar, Ahmad Ezat kepada IDN Times Sulsel saat dikonfirmasi pada, Sabtu petang (29/4/2023).

"Kalau biasa penumpang yang turun di Makassar ada 600 sampai 1000 orang, tapi dalam beberapa hari ini ada kenaikan dari 1200 sampai 2000 orang yang turun ke Makassar," ungkap Ahmad Ezat.

1. Sudah masuk puncak arus balik

Pemudik yang didominasi mahasiswa atau pelajar, padatai ruang tunggu di Pelabuhan Soeakrno-Hatta Makassar. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Dengan naiknya jumlah penumpang kapal Pelni yang turun di Makassar, kata Ahmad Ezat, maka dipastikan arus balik mudik lebaran tahun ini sudah terjadi dan akan berlangsung beberapa hari kedepan.

"Ini kita sudah masuk puncak arus balik, jadi peningkatannya itu sekitar 40 persen sampai 50 persen. Dan trennya ini akan terus naik dalam beberapa kedepan," Ahmad Ezat menjelaskan.

Baca Juga: Polda Sulsel Tingkatkan Pengamanan Arus Mudik Lebaran 2023

2. Dominasi orang yang datang ke Makassar dari daerah Timur

Salah satu kapal milik PT Pelni saat berlayar dari Pelabuhan Soeakrno-Hatta Makassar. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Dalam melayani pelayaran masyarakat yang hendak ke Kota Makassar, PT Pelni menyiapkan 15 Kapal. Seperti KM Bukit Siguntang, Ngapulu, Dorolonda, Binaiya, Umsini, Ciremai, dan Sinabung.

Kemudian, KM Lambelu, Wilis, Tilongkabila, Dobonsolo, Leuser, Tidar, Gunung Dempo, dan Labobar. Menurut Ahmad Ezat, dominasi penumpang yang datang ke Makassar dari daerah Indonesia Timur.

"Penumpang yang datang itu dari daerah Indonesia Timur, masuk Baubau baru ke Makassar dan banyak mahasiswa atau pelajar. Penumpang dari Surabaya juga termasuk banyak," terang Ahmad Ezat.

Baca Juga: Arus Mudik, Lalin Jalan Poros Makassar-Maros Lancar

Berita Terkini Lainnya