HUT ke-254 Sulsel Angkat Tema Sulsel Andalan Indonesia

Pemprov Sulsel persiapkan beragam rangkaian penyemarak HUT

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi tengah mempersiapkan peringatan hari ulang tahun ke-354 Sulawesi Selatan. Tahun ini HUT Sulsel mengangkat tema "Sulsel Andalan Indonesia".

Pemilihan tema terungkap dalam rapat panitia pelaksana hari jadi ke-354 Sulsel, di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulsel, di Makassar, Senin (17/7/2023). Rapat dipimpin ketua panitia hari jadi Ahmadi Akil dan sekretaris panitia Idham Kadir.

Baca Juga: Agus dan Stevia Wakili Sulsel di Paskibraka Nasional 2023

1. Alasan pemilihan tema

HUT ke-254 Sulsel Angkat Tema Sulsel Andalan IndonesiaWarga melintas di area Pantai Losari saat matahari terbenam di Makassar, Sulawesi Selatan. (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Ahmad Akim menerangkan alasan pemilihan tema “Sulsel Andalan Indonesia”. Dia mengatakan, di bawah kepemimpinan Andi Sudirman Suliman sebagai gubernur, saat ini Sulsel berkembang pesat, baik di bidang ekonomi, industri, pertanian, perkebunan, jasa, dan lainnya. Menurutnya tidak berlebihan jika dikatakan bahwa Sulsel jadi provinsi andalan Indonesia.

“Karena memang secara riil Sulsel memiliki pertumbuhan yang cukup pesat khususnya di Kawasan Timur Indonesia. Jadi Sulsel itu menjadi andalan Indonesia, itulah konsep tema (hari jadi) tahun ini,” ujar Ahmadi dalam keterangannya, Senin.

2. Logo HUT mengadopsi gaya aksara lontara

HUT ke-254 Sulsel Angkat Tema Sulsel Andalan IndonesiaLogo HUT ke-254 Sulawesi Selatan tahun 2023. (Dok. Istimewa)

Soal logo, Kabid Persandian Diskaminfo-SP Sulsel, Sultan Rakib belum lama ini menjelaskannya. Dia menyebut logo terinspirasi dari gaya aksara lontara yang digunakan masyarakat Bugis-Makassar.

Pada angka 3, huruf lontara mengilustrasikan karst objek wisata Rammang-Rammang Pangkep Maros secara resmi masuk UNESCO Geopark 2023. Angka 5 menggambarkan atau mewakili liukan rel kereta di Sulsel yang tahun 2023 ini resmi beroperasi dan menjadi moda transportasi baru di Sulsel.

“Angka 4 menggambarkan layar phinisi yang merupakan perahu atau kapal air legendaris bugis makassar toraja mandar di Sulsel,” ujar Sultan.

3. Panitia persiapkan berbagai rangkaian acara

HUT ke-254 Sulsel Angkat Tema Sulsel Andalan IndonesiaSuasana peringatan Hari Jadi Sulsel ke-352 dalam rapat paripurna di gedung DPRD Sulsel, Selasa (19/10/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Rapat panitia menyiapkan berbagai kegiatan untuk memperingati ulang tahun ke-354 Sulsel. Di antaranya Pekan Raya Sulsel (PRS).

Pada Pekan Raya Sulsel, rencananya akan ada banyak rangkaian acara. Di antaranya festival kuliner, lomba memasak, lomba, dan lainnya.1

Baca Juga: MUI Sulsel Mengimbau Jemaah Haji Tidak Pamer Emas saat Pulang

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya