Arus Mudik, Lalin Jalan Poros Makassar-Maros Lancar

Polres Maros pantau arus lalu lintas lewat CCTV

Makassar, IDN Times - Arus lalu lintas di Jalan Trans Sulawesi Poros Makassar-Maros terpantau lancar, Kamis pagi (20/4/2023). Kepadatan kendaraan dilaporkan masih normal pada masa mudik lebaran Idul Fitri 2023.

Kondisi arus lalu lintas terpantau melalui media kamera CCTV Posko Operasi Ketupat 2023. Menurut pantauan kamera di sejumlah lokasi, arus kendaraan dari Makassar dan sebaliknya ramai lancar.

Baca Juga: Ada Perbaikan, Jalur Maros-Bone Dibuka Tutup saat Mudik Lebaran

1. Polres Maros tempatkan CCTV di empat titik

Arus Mudik, Lalin Jalan Poros Makassar-Maros LancarPantauan arus lalu lintas di jalan poros Makassar-Maros, Kamis (20/4/2023). (Dok. Polres Maros)

Kepala Seksi Humas Polres Maros Iptu Amran Adam mengatakan, arus lalu lintas pada masa mudik dipantau lewat CCTV di empat lokasi titik pantau. Di antaranya, lampu merah persimpangan patung kuda Turikale, pasar tumpah Maccopa, depan Grand Mall, dan Bulu-bulu.

” Kami melakukan pemantauan arus Lalulintas di 4 Lokasi Titik pantau hasilnya arus Lalulintas dalam keadaan Lancar” Kata Iptu Amran dalam keterangannya, Kamis.

2. Petugas mengatur lalu lintas di poros Camba, pemudik diimbau berhati-hati

Arus Mudik, Lalin Jalan Poros Makassar-Maros LancarPetugas berjaga mengatur lalu lintas di Jalan Poros Maros-Bone pada masa arus mudik lebaran 2023. (Dok. Polres Maros)

Polres Maros menyiagakan petugasnya untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas di masa mudik lebaran. Penempatan petugas antara lain di Jalan Poros Maros-Bone, tepatnya di Dusun Kappang, Desa Labuaja, Kecamatan Cenrana.

Jalan Poros Maros-Bone salah satu titik rawan kemacetan karena saat ini berlangsung pengerjaan perbaikan jalan. Menurut laporan petugas, sejauh ini situasi arus lalu lintas di sana dalam keadaan lancar. 

"Personel Pos Pelayanan Kappang secara intensif melakukan patroli dan Pengaturan” kata Kapolsek Camba AKP Mappiare.

Kapolsek mengimbau pengendara tetap berhati-hati selama di perjalanan. "Taati peraturan Lalulintas untuk keselamatan bersama” katanya.

Sebelumnya Direktorat Lalu Lintas Polda Sulsel memberlakukan larangan truk melalui jalan poros Maros-Bone untuk mencegah kemacetan. Larangan berlaku sejak 17 April 2023.

"Kalau masih ada lewat, saya lakukan penindakan. kecuali sembako, bahan bakar minyak, dan bahan bakar gas. Jadi untuk para pemudik yang melewati jalan, (sekarang) lancar," kata Direktur Ditlantas Polda Sulsel Kombes Faizal.

3. Polisi berjaga di pusat-pusat keramaian

Arus Mudik, Lalin Jalan Poros Makassar-Maros LancarPetugas kepolisian berpatroli di tempat-tempat keramaian seperti pasar jelang lebaran untuk mencegah tindak kriminal (Dok. Polres Maros)

Selain memantau arus lalu lintas, Polres Maros juga menempatkan personelnya berpatroli di pusat-pusat keramaian. Termasuk pasar-pasar yang ramai jelang lebaran.

Pada Rabu (19/4/2023), patroli dipimpin Kepala Unit Objek Vital Polres Maros Ipda Rusdi di Pasar Bulu-bulu Kecamatan Marusu. Kegiatan patroli untuk mencegah gangguan ketertiban masyarakat serta tindak pidana seperti pencurian. Patroli sekaligus untuk memberi rasa aman dan nyaman kepada para pedagang dan pengunjung.

Baca Juga: Pemuda di Makassar Nekat Curi Motor Tetangga, Kini Ditangkap

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya