TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tekan Balap Liar, Pemkot Makassar Siapkan Ajang Road Race

Pemkot Makassar ingin hentikan kebiasaan balap liar 

Ilustrasi balap motor. (IDN Times/Gideon Aritonang)

Makassar, IDN Times - Balap liar kembali marak di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Selama Ramadan 1443 H ini, beberapa titik di kota tersebut kerap menjadi lintasan balap liar sehingga meresahkan warga.

Menyusul hal tersebut, Pemerintah Kota Makassar berencana menggelar perlombaan balap motor jalanan atau road race secara resmi. Hal tersebut bertujuan agar tidak terjadi lagi balap liar di Kota Daeng.

"Memang Pak Wali sudah menyampaikan kegiatan seperti itu untuk buatkan wadah untuk anak-anak yang sering balapan liar," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Makassar, Andi Pattiaware, Jumat (8/4/2022).

Baca Juga: Jam Kerja ASN Pemkot Makassar Berkurang selama Ramadan

1. Masih sementara dikaji

Kendaraan hasil penindakan balap liar selama Ramadan di Makassar. (Dok. Polrestabes Makassar)

Pemkot juga sementara membahas rencana ini bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Makassar dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Makassar. Sebab mereka dinilai sebagai pihak yang paling paham urusan olahraga dan balap.

Hal yang masih akan dibahas antara lain meliputi study atau apa saja yang harus diketahui soal balapan dan midnight race mengingat road race ini rencananya digelar tengah malam.

"Kita mau melihat konsepnya bagaimana. Pasti tidak bisa disamakan dengan pembalap nasional. Ini pembalap jalanan harus sesuai dengan porsinya mereka," kata Pattiware.

2. Lokasi dan jadwal belum ditentukan

Ilustrasi balap liar (IDN Times/Istimewa)

Pemkot juga belum menetapkan lokasi untuk gelaran tersebut. Beberapa opsi yang telah disampaikan di antaranya yakni Jalan Metro Tanjung Bunga dan CPI, hanya saja masih ada berbagai pertimbangan.

Meski sudah ada rencana, Pemkot juga belum menentukan jadwal pelaksanaan gelaran tersebut. Hanya saja, Pemkot memastikan road race akan berlangsung selama Ramadan ini.

"Belum miggu ini. Minggu depan bisa. Jangan sampai buru-buru tidak maksimal," kata Pattiware.

Baca Juga: Turun ke Jalan, Mahasiswa di Makassar Demo Tolak Penundaan Pemilu

Berita Terkini Lainnya