TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Dinkes Sulsel Ungkap Bahaya Bayi Diberi Minum Kopi Saset

Bisa mengakibatkan gangguan metabolik

Video viral bayi di Gowa, Sulawesi Selatan, dicekoki kopi instan. (Dok. Istimewa)


Makassar, IDN Times
- Seorang bayi di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), viral karena diberi kopi saset oleh ibunya. Dinas Kesehatan Sulsel pun angkat bicara perihal hal tersebut. 

Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Rosmini Pandin, menegaskan bahwa pemberian kopi pada bayi merupakan tindakan yang salah. Kopi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan bagi bayi. 

"Dari segi kesehatan kan memang tidak bisa. Kopi sachet itu kan gulanya tinggi, konsumsi yang cukup lama pasti akan menimbul gangguan metabolik," jelas Rosmini saat diwawancarai IDN Times, Rabu (25/1/2023).

1. Ibu bayi disebut ingin viral

Ilustrasi media sosial (pexels.com/picjumbo.com)

Rosmini mengatakan pihaknya telah menghubungi Dinas Kesehatan Gowa untuk memverifikasi penyebab sang ibu memberikan kopi saset pada bayinya. Setelah ditelusuri, sang ibu ternyata ingin viral dengan cara memberikan kopi itu kepada bayinya.

"Kasus seperti ini langka. Kebetulan karena ibunya suka viral, itu yang terjadi. Karena memang masalah gizi itu bukan hanya ketidakmampuan tapi bisa juga karena ketidakmauan, ketidakmengertian atau ketidakpedulian dan sebagainya," katanya.

Baca Juga: Presiden Respons Video Viral Bayi di Gowa Diberi Kopi Instan

2. Dinkes telusuri kesehatan bayi

Kepala Dinas Kesehatan Sulsel Rosmini Pandin. IDN Times/Asrhawi Muin

Meski demikian, pihaknya tetap menelusuri soal masalah gizi yang dialami bayi 7 bulan tersebut. Demikian halnya dengan pemahaman orangtua bayi itu soal kebutuhan gizi anak.

"Inilah tim kami turun untuk melihat apa yang menjadi permasalahannya sehingga anak muda tersebut ditanya apa motifnya apakah karena tidak mampu atau karena tidak mengerti," kata Rosmini.

Baca Juga: Heboh Video Bayi di Gowa Dicekoki Kopi Instan

Berita Terkini Lainnya