Kloter 13 Debarkasi Makassar Tiba, 3 Anggota Wafat di Saudi

Tercatat 39 anggota jemaah Embarkasi Makassar wafat

Makassar, IDN Times - Kelompok terbang 13 jemaah haji Debarkasi Makassar tiba dari Arab Saudi, Jumat malam (14/7/2023). Kloter ini pulang dengan anggota tidak utuh, karena tiga wafat saat menunaikan ibadah haji.

Sekretaris Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Makassar Ali Yafid menyampaikan duka cita atas wafatnya anggota jemaah asal Maluku Utara itu.

“Kloter 13 jemaah haji Maluku utara kita berangkatkan dari aula Mina ini 41 hari yang lalu sebanyak 393 orang, namun hari ini yang kembali hanya 390 orang. 3 orang tinggal selama-lamanya di Arab Saudi. Semoga almarhum dan almarhumah diberi tempat terbaik di sisi Allah SWT,” kata Ali Yafid dalam keterangan yang diterima, Sabtu (15/7/2023).

Baca Juga: Anggota Jemaah Haji Kloter 10 Debarkasi Makassar Meninggal di Pesawat

1. Identitas anggota kloter 13 wafat di Saudi

Kloter 13 Debarkasi Makassar Tiba, 3 Anggota Wafat di SaudiIlustrasi jenazah (IDN Times/Sukma Shakti)

Dari tiga anggota Kloter 13 yang meninggal di Saudi, dua di antaranya lanjut usia, yaitu Wa Iba La Fusa Lambuleku, 92 tahun, dan Lelo Topete Parsaja (75). Satu lagu bernama Salemma Matta Samman (60).

Rombongan Kloter 13 diterima sejumlah pejabat pemerintah daerah Provinsi Maluku Utara. Asisten I Pemda Maluku Utara Karim Buamona menyampaikan mengapresiasi PPIH Embarkasi/Debarkasi Makassar yang dinilai bekerja maksimal membantu proses pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji Maluku Utara hingga tiba kembali di tanah air.

Karim Buamona juga menyampaikan bahwa seluruh jemaah haji Maluku Utara akan diinapkan di Asrama Haji Makassar kemudian diberangkatkan ke Ternate keesokan harinya.

2. Tercatat 39 wafat dari Embarkasi Makassar

Kloter 13 Debarkasi Makassar Tiba, 3 Anggota Wafat di SaudiIlustrasi jemaah haji di Asrama Haji. (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Hingga Jumat, Ali Yafid mengatakan, PPIH mencatat 39 anggota jemaah haji Embarkasi Makassar wafat di Saudi. Semua jenazah dimakamkan di sana.

Ali mengatakan, sejauh ini telah dipulangkan 12 kloter jemaah haji ke Makassar. Jumlah anggota jemaah csebanyak 4.698 orang. Jemaah haji Debarkasi Makassar sudah tiba bertahap sejak 5 Juli 2023. Pemulangan berlangsung dalam dua gelombang hingga 3 Agustus 2023.

3. Kesehatan jemaah haji dipantau 21 hari sejak kepulangan

Kloter 13 Debarkasi Makassar Tiba, 3 Anggota Wafat di SaudiIlustrasi jemaah haji. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Sebelumnya diberitakan, PPIH akan memantau kesehatan jemaah haji Debarkasi Makassar selama 21 hari usai pulang dari Saudi. Pemantauan untuk mengantisipasi penyakit menular yang dibawa dari luar negeri.

"Jadi pemantauan kondisi kesehatan jemaah haji selama 21 hari saat tiba di tanah air (dipantau) langsung oleh Kementerian Kesehatan," kata Ali Yafid.

Ali Yafid menjelaskan, kesehatan jemaah haji dipantau sejak diterima kembali di Asrama Sudiang Makassar sebelum dikembalikan ke PPIH daerah masing-masing. Para jemaah juga diberi sebuah kartu sebagai tanda pemantauan.

"Ada kartu yang diberikan kepada para jemaah saat mereka diterima lagi di asrama haji, tiap kloter seperti itu, pas masuk diberikan. Ini kartu kewaspadaan kondisi kesehatan jemaah selama 21 hari," terangnya.

Kartu yang dibagikan kepada jemaah haji berfungsi sebagai kartu kontrol kesehatan. Kartu bisa digunakan mengakses fasilitas kesehatan terdekat secara gratis jika merasa kesehatannya kurang baik.

"Nanti 21 hari itu setelah tiba terus ada gejala kesehatan, silahkan jemaah tersebut ke fasilitas kesehatan terdekat bawa kartu itu. Puskesmas bisa di daerah para jemaah yang berdomisili," Ali menerangkan.

Baca Juga: Kesehatan Jemaah Haji Debarkasi Makassar Dipantau 21 Hari

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya