Ribuan Kader NasDem Sulsel Terbang ke Jakarta dengan Biaya Sendiri

Hadiri Apel Siaga Perubahan Partai NasDem di Stadion GBK

Makassar, IDN Times - Ribuan kader Partai NasDem Sulawesi Selatan berangsur terbang ke Jakarta untuk mengikuti Apel Siaga Perubahan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Minggu (16/7/2023).

Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sulsel Syaharuddin Alrif mengatakan, tercatat 2.136 kader yang berangkat dari 24 kabupaten/kota. Mereka secara bertahap tiba di Jakarta dengan biaya sendiri.

“Semuanya menggunakan pesawat dan catatannya berangkat dengan biaya masing-masing,” kata Syaharuddin Alrif, dalam keterangannya yang diterima, Sabtu (15/7/2023).

Baca Juga: NasDem Sulsel Kirim Ribuan Kader ke Apel Siaga Perubahan di GBK

1. Wujud kemandirian kader Partai NasDem

Ribuan Kader NasDem Sulsel Terbang ke Jakarta dengan Biaya SendiriKetua DPD NasDem Sulawesi Selatan, Rusdi Masse di Jalan Sehat Restorasi NasDem Kabupaten Pangkep, Minggu (11/12/2022). Dok. IDN Times/Humas NasDem Sulsel

Syaharuddin mengungkapkan, kader Partai NasDem berangkat dengan biaya sendiri mencerminkan kemandiriannya. Pasalnya, dalam berpartai membutuhkan pengorbanan baik waktu, materi hingga tenaga termasuk dalam rangka hadir menyukseskan Apel Siaga Perubahan Partai NasDem.

“Dan alhamdulillah kader-kader kita ini yang berangkat semuanya datang dengan biaya pribadi tanpa dikonsolidasikan menggunakan uang partai atau sponsor dan lain-lain, tidak ada, pakai uang pribadi berangkatnya,” ucapnya.

2. Apel Siaga Perubahan untuk membakar semangat kader jelang Pemilu 2024

Ribuan Kader NasDem Sulsel Terbang ke Jakarta dengan Biaya SendiriIlustrasi - Anies Baswedan menghadiri Jalan Sehat Restorasi NasDem Sulawesi Selatan di Kabupaten Pangkep, Minggu (11/12/2022). Dok. IDN Times/Humas NasDem Sulsel

Syaharuddin menyebutkan, ribuan kader asal Sulsel yang berangkat ke Jakarta antara lain terdiri dari bakal calon legislatif maupun pengurus di tingkat kabupaten/kota dan provinsi. Kader memeriahkan Apel Siaga Perubahan sebagai titik awal gerakan perubahan dalam menyongsong Pemilu 2024.

Menurut Syahar, kegigihan kader NasDem lahir dari semangat Ketua Umum NasDem, Surya Paloh dan Ketua DPW NasDem Sulsel, Rusdi Masse dalam mengedukasi, mendoktrin kader-kader agar mandiri demi keberhasilan bersama.

Syahar berharap, Apel Siaga Perubahan nantinya akan membakar semangat kader NasDem Sulsel maupun kader NasDem seluruh Indonesia untuk berjuang ke daerah masing-masing guna menghadirkan Indonesia yang lebih baik.

“Nanti kembali ke daerahnya masing-masing menjadi embrio gerakan untuk memenangkan Partai NasDem baik itu di Pilpres, Pileg maupun Pilkada 2024," kata dia.

3. Ajang konsolidasi internal Partai NasDem

Ribuan Kader NasDem Sulsel Terbang ke Jakarta dengan Biaya SendiriKetua DPW Partai NasDem Sulsel Rusdi Masse (kanan), Sekretaris DPW Syaharuddin Alrif (kiri), dan Wakil Ketua Mustaqim Musma. (Dok. Istimewa)

Wakil Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik DPW NasDem Sulsel Mustaqim Musma mengatakan, Apel Siaga Perubahan di GBK menjadi hajatan internal par­tai sebagai ajang konsolidasi pemenangan di Pemilu 2024. Nantinya, akan dirumuskan strategi dan upaya memenang­kan Caleg partai dan Capres di pesta demokrasi mendatang. 

Acara ini, lanjut Taqim, akan dihadiri seluruh perwakilan kader partai se­luruh Indonesia. GBK, dipastikan membiru di acara tersebut. Kemudian, di pun­cak acara, akan ada pidato politik Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan calon presiden Anies Baswedan.

"Apel Siaga jadi salah satu cara Partai NasDem menyambut pesta demokrasi sekaligus upaya memberikan pendidikan politik dan karakter. Kader NasDem dari Sulsel akan bersama-sama kader asal daerah lain membirukan GBK 16 Juli nanti," kata Mustaqim, Rabu (12/7/2023).

Mustaqim menyatakan kehadiran kader NasDem Sulsel pada Apel Siaga Perubahan sangat penting. Mengingat, perjuangan dan capaian NasDem di Sulsel dibawah komando Rusdi Masse (RMS) merupakan representasi di kawasan Indonesia Timur. Para elite DPP bahkan kerap menyebut Sulsel sebagai rumah kedua NasDem di Indonesia.

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh optimistis perolehan suara pada Pemilu 2024 di Sulawesi Selatan dengan capaian maksimal melebihi dari Pemilu 2019 lalu.

"Saya harus menyatakan kepada saudara-saudara, wilayah satu-satunya yang memiliki target meningkatkan elektoral dan perolehan kursi dua kali lipat dari apa yang dicapai hasil Pemilu 2019," kata Surya Paloh saat membuka orientasi dan Bimtek Bakal Caleg di Hotel Claro Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis, 22 Juni 2023.

Baca Juga: Jadi Magnit, Ramai Kader Parpol di Sulsel Pindah Nyaleg di NasDem

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya