TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pemkot Makassar Menyisir Imunisasi Campak Rubela di Sekolah

Capaian imunisasi campak rubela di Makassar masih rendah

Murid SD Negeri Kaliasin V mengantre untuk divaksin saat pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (15/10/2020). ANTARA FOTO/Moch Asim

Makassar, IDN Times - Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Kota Makassar berencana menyisir capaian imunisasi campak rubela di sekolah. Sweeping terutama ditekankan untuk tingkat sekolah dasar.

"Saya sudah perintahkan semua kepala sekolah dan akan saya evaluasi mana yang tidak capai target. Ini bersifat perintah karena program nasional, jadi harus ada keseriusan," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar Muhyiddin Mustakim dikutip dari Antara, Kamis (8/9/2022).

Baca Juga: Pemkot Makassar Agendakan Pemilihan Ketua RT/RW di November

1. Cakupan imunisasi baru 54,49 persen

ilustrasi vaksinasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Muhyiddin mengatakan, penyisiran bertujuan untuk meningkatkan capaian imunisasi pada Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022. Apalagi, Kota Makassar menjadi daerah dengan capaian cakupan imunisasi BIAN terendah di antara 24 kabupaten/kota se Sulawesi Selatan.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan hingga Senin, 5 September 2022, cakupan imunisasi Campak Rubella Kota Makassar baru 54,49 persen.

Muhyiddin Mustakim memberikan warning kepada seluruh kepala sekolah untuk serius menindaklanjuti arahan sehingga target BIAN 2022 bisa tercapai.

2. Sekolah diberi target cakupan minimal 95 persen

Ilustrasi siswa. (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Muhyidin mengatakan, pihamnya memberikan target minimal 95 persen siswa di setiap sekolah harus imunisasi Campak dan Rubella guna mencapai target 95 persen di sisa waktu program BIAN 2022 yang berakhir 13 September mendatang.

Bersama Dinas Kesehatan Kota Makassar, jadwal pelaksanaan imunisasi Campak Rubella di sekolah-sekolah telah disepakati bersama. Target 95 persen harus dicapai per tanggal 13 September mendatang.

"Kalau kita bergerak bersama, turun tangan semua, kita bisa memanfaatkan sisa waktu yang ada ini untuk mencapai target," kata dia.

Baca Juga: 17 Kantor Lurah di Makassar Pindah ke Kontainer Makassar Recover

Berita Terkini Lainnya