17 Kantor Lurah di Makassar Pindah ke Kontainer Makassar Recover

Awalnya kontainer dibangun untuk penanganan COVID-19

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar mengalihfungsikan sejumlah kontainer Makassar Recover atau Recover Center menjadi kantor kelurahan. Pasalnya, sejumlah kantor kelurahan bermasalah.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar, Helmy Budiman, menyebutkan salah satu kantor kelurahan yang rusak yaitu di Kelurahan Tidung, Kecamatan Rappocini. Karena itu, kelurahan setempat menggunakan Recover Center sebagai kantor sementara. 

"Mereka tetap berkantor tidak ada masalah. Tidak mengganggu. Cuma memang kita ada hambatan. Solusinya ada kontainer Makassar recover," kata Helmy, Jumat (5/8/2022).

1. Ada 17 kantor kelurahan bermasalah

17 Kantor Lurah di Makassar Pindah ke Kontainer Makassar RecoverPengrusakan fasilitas di dalam Kantor Lurah Maccini Gusung, Makassar. IDN Times/Polrestabes Makassar

Helmy menyebutkan ada 17 kantor kelurahan di Makassar yang bermasalah. Persoalannya pun beragam mulai dari bangunan rusak, bangunan yang sementara digugat, bangunan yang kalah dalam gugatan, hingga tidak memiliki kantor sama sekali. 

"Pokoknya 17 kantor kita sudah data. Kita sudah undang pihak kelurahannya, kecamatan dan Dinas PU," ujar Helmy.

Perbaikan kantor kelurahan yang bermasalah itu rencananya akan diakomodir dulu dalam penganggaran selanjutnya. Namun secara keseluruhan, pembangunan kantor kelurahan itu akan dimasukkan dalam Rancangan APBD Pokok tahun 2023 mendatang. Estimasi kebutuhannya masih diperhitungkan.

"Di (anggaran) Perubahan ini kita sudah siapkan anggaran untuk membeli kantor. Baru satu yang kita data di kantor Maricaya di Kecamatan Makassar," katanya.

2. Diperbaiki saat status sudah jelas

17 Kantor Lurah di Makassar Pindah ke Kontainer Makassar RecoverIlustrasi rumah. ANTARA FOTO/Fauzan

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaaan Umum Kota Makassar, Suhaelsi Zubir, mengaku pihaknya telah menerima banyak usulan terkait permintaan pembangunan kantor kelurahan dari pihak kelurahan terkait. Hanya saja, terkendala kejelasan status lahan.

Status lahan yang tidak jelas, kata dia, bisa berakibat fatal di kemudian hari. Apalagi jika pembangunan itu menggunakan anggaran pemerintah di atas lahan yang bukan aset daerah.

Karena itu, Dinas PU pun terus memantau dan verifikasi ke kantor lurah yang bermasalah. Pihaknya bahkan telah menyurat ke kelurahan yang bersangkutan terkait kejelasan status kantor kelurahan tersebut.

"Kan biasa tidak jelas statusnya, dan itu tidak bisa kami kerjakan. Jadi harus jelas status dulu baru bisa melakukan proyek pekerjaan," kata Suhaelsi.

3. Recover Center program penanganan COVID-19

17 Kantor Lurah di Makassar Pindah ke Kontainer Makassar RecoverKontainer Makassar Recover di Jalan Veteran Utara, Kelurahan Maradekayya Selatan, Kecamatan Makassar. IDN Times/Istimewa

Sebagai informasi, kontainer bertajuk Recovery Center itu merupakan bagian dari program Makassar Recover, yaitu program penanggulangan COVID-19 ala Pemerintah Kota Makassar. Awalnya, kontainer itu rencananya akan dijadikan sebagai posko COVID-19 di tingkat kelurahan. 

Bukan itu saja, kontainer itu juga direncakan sebagai pusat kesehatan di kelurahan mulai dari pemeriksaan GeNose, vaksinasi hingga yang berkaitan dengan tracing, testing dan treatment. Rencananya, fasilitas akan beroperasi di 153 kelurahan.

Namun, rencana tak selalu berjalan mulus. Program kontainer ini mulai terkendala beberapa masalah saat banyak lurah yang salah menempatkan kontainer. Beberapa malah terbengkalai hingga sempat dijadikan posko siaga bencana.

Baca Juga: Camat di Makassar Diperiksa Polisi Terkait Pengadaan Kontainer

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya