TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Danny Pomanto Perintahkan Tender Dini di 2023

Pemkot Makassar dapat dana transfer pusat Rp2 triliun

Ilustrasi. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar mendapatkan alokasi dana transfer dari pusat senilai Rp2 triliun pada tahun anggaran 2023. Jumlah itu meningkat Rp153 miliar dibandingkan transfer tahun 2022, senilai Rp1,85 triliun.

Dana alokasi transfer ke daerah (TKD) diserahkan Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman kepada Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto, di Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (1/12/2022).

Usai menerima dana transfer dari pusat, Wali Kota Danny mengingatkan jajarannya di Pemkot Makassar mempercepat tender dini di awal tahun 2023.

“Kita mau anggaran yang diberikan pemerintah pusat itu bisa terserap maksimal. Makanya saya tekankan tender dini,” ujar Danny Pomanto dalam keterangannya, dikutip Jumat (2/12/2022).

Baca Juga: Sisa Sebulan, Pemkot Makassar Kejar Penyerapan Anggaran 60 Persen

1. Danny mencegah program tidak berjalan

Petugas Satpol PP berjaga di gerbang pintu masuk kantor Balai Kota Makassar yang ditutup sementara di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (9/7/2021). (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Danny tidak ingin ada proyek atau program yang dianggarkan melalui dana transfer dari pusat tidak berjalan. “Ini akan saya kawal, apalagi DAK Fisik itu harus dilaksanakan. Tidak ada alasan,” tegasnya.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Makassar Helmy Budiman mengatakan secara keseluruhan dana transfer dari pusat mengalami kenaikan.

Misalnya, Dana Alokasi Umum (DAU) naik dari Rp1,25 triliun menjadi Rp1,38 triliun. Begitu juga Dana Bagi Hasil (DBH) naik dari Rp106,7 miliar menjadi Rp127,95 miliar. Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik tahun depan Rp48,6 miliar, sedangkan 2022 hanya Rp47,02 miliar.

Sementara DAK Non-Fisik pada tahun ini hanya Rp442,54 miliar, dan tahun depan mengalami kenaikan menjadi Rp447,26 miliar.

“DID sampai hari ini belum ada pengumuman. Tapi karena tahun kemarin kita sudah WTP, harusnya kita dapat,” ujar Helmy.

2. Pemkot Makassar dapat Rp30 miliar untuk dana kelurahan

Wali Kota Makassar Danny Pomanto. IDN Times/Sahrul Ramadan

Helmy juga mengungkapkan TKD 2023, Kota Makassar sudah mendapatkan anggaran dana kelurahan. Nilainya Rp30 Miliar melalui DAU.

“Dana kelurahan sudah masuk di dana transfer untuk tahun depan," ucapnya.

Helmy juga menambahkan untuk tahun depan. Pemkot Makassar telah mengalokasikan dana kelurahan sebesar Rp500 juta untuk masing-masing kelurahan.

“Anggaran itu akumulasi dari APBD dan APBN yang Rp30 miliar. Jadi ada kurang lebih Rp300 juta setiap kelurahan yang kita anggarkan untuk dana kelurahan,” kata dia.

Baca Juga: Pemkot Isyaratkan UMK Makassar 2023 Naik

Berita Terkini Lainnya