Jemaah Kloter 21 Makassar Langsung Terima Sertifikat Haji

Jemaah haji diimbau menjaga ibadah saat pulang ke kampung

Makassar, IDN Times - Ada yang beda dari penyambutan jemaah haji Kloter 21 Debarkasi Makassar, Kamis (20/7/2023). Mereka langsung menerima sertifikat haji dari Kementerian Agama.

Jemaah Kloter 21 merupakan kelompok pertama di Embarkasi Makassar yang langsung menerima sertifikat haji saat tiba di Tanah Air. Sertifikat diberikan secara simbolis oleh Kepala Kementerian Wajo Muhammad Yunus di Aula Arafah Asrama Haji Makassar kepada tiga perwakilan jemaah.

Baca Juga: Polisi Tangkap Tujuh Pemalak Penjemput Jemaah Haji di Makassar

1. Kloter 21 pulang dengan jumlah anggota utuh

Jemaah Kloter 21 Makassar Langsung Terima Sertifikat HajiJemaah haji Kloter 21 Debarkasi Makassar tiba dari Arab Saudi, Kamis (20/7/2023). Kloter ini memuat jemaah asal Kabupaten Wajo dan Enrekang serta Kota Makassar dan Palopo. (Dok. PPIH Debarkasi Makassar)

Sebelumnya, Jemaah haji kloter 21 diserahkan secara resmi oleh sekretaris PPIH Debarkasi Makassar Ali Yafid kepada Bupati Wajo Amran Mahmud. Amran mewakili pemerintah daerah empat kabupaten/kota yang jemaahnya tergabung dalam kloter 21.

Ali Yafid mengungkapkan, Kloter 21 kembali ke Tanah Air dengan jumlah anggota utuh, yaitu 393. Rinciannya, 185 asal Kabupaten Enrekang, 110 dari Kota Palopo, 68 dari Kabupaten Wajo, dan 25 asal Kota Makassar plus lima petugas kloter.

“Alhamdulillah berangkat 393 dan kembali 393, dan insya Allah seluruh jemaah kloter 21 ini hajinya mabrur. Semoga insya lllah hari ini ada berkah, ada rahmat dan ada hidayah dari Allah SWT kepada kita semua,” kata Ali Yafid.

2. Jemaah haji diimbau menjaga ibadah setelah pulang dari Tanah Suci

Jemaah Kloter 21 Makassar Langsung Terima Sertifikat HajiIlustrasi jemaah haji. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Ali Yafid mengimbau jemaah haji agar menjaga ibadah dan amalan-amalan baik saat pulang ke kampung masing-masing. Itu sebagaimana ibadah yang sudah dilaksanakan selama menunaikan haji di Arab Saudi.

“Mabrur tidaknya haji bapak ibu, nanti masyarakat yang akan menilai. Apakah selama 41 hari melaksanakan ibadah haji akan tercermin nantinya setelah bapak ibu di daerah masing-masing, apakah bapak dapat menjadi teladan bagi masyarakat sekitar,” ucapnya.

3. Jemaah kompak meski berasal dari daerah berbeda

Jemaah Kloter 21 Makassar Langsung Terima Sertifikat HajiJemaah kloter 21 Debarkasi Makassar langsung mendapatkan sertifikat haji saat tiba di Asrama Haji Makassar, Kamis (20/7/2023). (Dok. PPIH Debarkasi Makassar)

Bupati Wajo Amran Mahmud mengungkapkan rasa syukur dan apresiasinya kepada seluruh anggota jemaah kloter 21. Dia menyebut jemaah telah bahu-membahu, kompak, dan penuh kebersamaan tanpa ada sekat dan batasan antar daerah asal.

“Saya berpesan agar bapak ibu menjaga tutur kata, sikap dan prilaku serta pandai-pandailah mensyukuri nikmat yang Allah berikan. Kemabruran haji bapak ibu akan dibuktikan di tengah-tengah masyarakat nantinya, apakah setelah berhaji, bapak ibu benar-benar telah menyempurnakan rukun islamnya,” kata Amran.

Kepad PPIH debarkasi Makassar, Amran Mahmud secara khusus menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaannya. Dia memuji dedikasi dan totalitas para petugas PPIH debarkasi Makassar yang tak kenal lelah dalam mengurus jemaah.

Baca Juga: Asrama Haji Makassar Sediakan Jasa Make Up untuk Jemaah

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya