Wagub Jemput Warga Sulsel yang Dievakuasi dari Wamena

Sebanyak 24 warga Sulsel tewas

Makassar, IDN Times - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, Senin (30/9) menjemput langsung warga asal daerahnya yang dievakuasi dari Wamena, Papua. Orang-orang dievakuasi dari Wamena menyusul kerusuhan yang terjadi di sana belum lama ini.

Wagub menjemput warga Sulsel di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura. Sekitar pukul 9.27 WIT, rombongan evakuasi pertama tiba dari Wamena daengan Pesawat Heecules C-130 milik TNI Angkaran Udara.

"Tujuan kami untuk menyampaikan langsung belasungkawa atas jatuhnya korban asal Sulawesi Selatan dan untuk melihat langsung situasi terkini. Juga berkordinasi langsung dengan Forkopimnda untuk menjamin kemananan warga Sulsel di Papua,” kata Wagub dalam keterangan pers yang diterima Senin (30/9).

Baca Juga: Wagub Terbang ke Wamena, Temui Warga Sulsel yang Mengungsi

1. Warga Sulsel dievakuasi bersama ribuan pengungsi

Wagub Jemput Warga Sulsel yang Dievakuasi dari WamenaANTARA FOTO/Iwan Adisaputra

Wakil Gubernur Andi Sudirman menjemput warga Sulsel yang dievakuasi bersama ribuan pengungsi asal Wamena. Rencananya evakuasi dilaksanakan dalam beberapa tahapan.

Pada evakuasi pertama, dimuat sebanyak 174 warga Sulsel. Terdiri dari 124 orang dewasa, 37 anak, dan 13 balita.

2. Pemprov Sulsel jamin kebutuhan warga selama di pengungsian

Wagub Jemput Warga Sulsel yang Dievakuasi dari WamenaIDN Times/Abdurrahman

Wagub Sulsel terbang ke Papua pada Senin dini hari. Dia berangkat bersama Sekretaris Daerah Abdul Hayat Gani beserta sejumlah pejabat Pemprov.

Wagub menyatakan datang ke Papua untuk melihat langsung situasi terkini dan kondisi warga Sulsel. Dia menyatakan turut berbelasungkawa atas jatuhnya korban pada kerusuhan di Wamena. Dalam rangkaian kunjungannya, Wagub mengatasnamakan Pemprov Sulsel juga bakal menyerahkan sejumlah bantuan.

“Bersama Bapak Sekda, Kesbangpol, dan Dinas Sosial, kami menjamin kebutuhan warga Sulsel selama di pengungsian dan juga kami memberikan bantuan ke Kabupaten Wamena,” kata Wagub.

3. Sebanyak 24 warga Sulsel tewas, sembilan telah teridentifikasi

Wagub Jemput Warga Sulsel yang Dievakuasi dari WamenaANTARA FOTO/Marius Wonyewun

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah sebelumnya menyampaikan duka cita atas jatuhnya korban dalam kerusuhan di Wamena. Menurut laporan yang diterima, sejauh ini 24 warga Sulsel meninggal. Adapun sembilan di antaranya sudah teridentifikasi serta dipulangkan ke kampung halaman masing-masing.

Menyikapi perkembangan Wamena saat ini, Nurdin Abdullah menyampaikan bahwa hari ini perlahan-lahan mulai kondusif. Selain ke Jayapura, sebagian pengungsi juga dievakuasi ke tempat lain.

Gubernur menyatakan terus memantau dan berkoordinasi terkait kondisi Wamena. Termasuk soal kemungkinan apakah warga Sulsel akan dievakuasi kembali ke Makassar atau tidak.

"Tapi tentu kita berkomunikasi dengan pemerintah setempat dulu, mudah-mudahan kondisi ini semakin baik, semakin kondusif, sehingga masyarakat kita yang ada di Papua bisa lebih tenang," kata Gubernur.

Baca Juga: 33 Orang Tewas Dalam Kerusuhan Wamena, 2 Pelaku Perusakan Ditangkap

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya