Update Sirekap: Danny-Fatma Unggul 6 Persen di Pilkada Makassar

Tidak jauh beda dari quick count sejumlah lembaga survei

Makassar, IDN Times - KPU masih mengumpulkan data penghitungan suara Pilkada Makassar 2020 melalui Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap). Menurut pantauan pada Sabtu (12/12/2020), data yang masuk baru 54,47 persen dari total 2.394 tempat pemungutan suara (TPS) di Makassar.

Menu Hitung Suara di Sirekap bisa diakses pada pilkada2020.kpu.go.id. Data yang ditampilkan merupakan hasil foto formulir rekapitulasi dari seluruh TPS, namun bukan rujukan utama penetapan pemenang pilkada. Penetapan pemenang tetap melalui rekapitulasi yang digelar lewat rapat pleno terbuka di tingkat kecamatan dan kota.

“Data Sirekap berfungsi sebagai alat pembanding, dan utamanya alat bantu penghitungan. Penetapan hasil pilkada tetap merujuk kepada rekapitulasi resmi lewat rapat pleno terbuka,” kata Komisioner KPU Makassar Gunawan Mashar kepada IDN Times, Jumat 11 Desember 2020.

Baca Juga: Hasil Pilkada Makassar Mulai Direkap di Kecamatan

1. Perolehan suara Danny-Fatma unggul 6 persen

Update Sirekap: Danny-Fatma Unggul 6 Persen di Pilkada MakassarAplikasi Sirekap. (IDN Times/Asrhawi Muin)

Pembaruan terakhir data Sirekap Pilkada Makassar pada pukul 13.58 Wita. Menurut data itu, pasangan calon Mohammad Ramdhan "Danny" Pomanto-Fatmawati Rusdi unggul perolehan suara.

Danny-Fatma mendapatkan 41,3 persen suara. Perolehannya disusul Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando, 34,6 persen, Syamsu Rizal-Fadli Ananda 19,3 persen, dan Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Armin 4,8 persen.

2. Data suara yang masuk baru setengah

Update Sirekap: Danny-Fatma Unggul 6 Persen di Pilkada MakassarIDN Times/Aan Pranata

Sirekap baru menghimpun data penghitungan suara di 1.304 TPS dari 2.394 TPS yang tersebar di 15 kecamatan se-Makassar. Artinya, hingga tiga hari setelah pemungutan suara, data yang masuk baru setengah.

Dari semua kecamatan, baru Kecamatan Biringkanaya yang datanya masuk hingga 71,47 persen. Sedangkan data Kecamatan Panakkukang paling kecil, yakni baru terhimpun 20,51 persen.

3. Data tidak jauh berbeda dengan hasil quick count

Update Sirekap: Danny-Fatma Unggul 6 Persen di Pilkada MakassarBapaslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto dan Farma Rusdi saat mendeklarasikan diri di atas kapal Pinisi di Pantai Losari, Kamis (3/9/2020). IDN Times/Istimewa

Sebelumnya pasangan calon Mohammad Ramdhan "Danny" Pomanto - Fatmawati Rusdi diunggulkan lewat hasil hitung cepat atau quick count Pilkada Makassar 2020. Tiga lembaga survei menempatkan Danny-Fatma sebagai peraih suara terbanyak.

Menurut Lingkar Survei Indonesia (LSI) Denny JA, pasangan dengan akronim Adama itu meraih 41,38 persen suara. Berdasarkan quick count Jaringan Suara Indonesia (JSI), Danny-Fatma unggul dengan perolehan 40,66 persen. Sedangkan pada hitung cepat Celebes Research Center (CRC), perolehan suara di angka 41,21 persen.

"Pemenang Pilkada Makassar 2020 versi quick count kali ini adalah Danny Pomanto dan pasangannya Fatmawati Rusdi," kata peneliti LSI Denny JA, Hanggoro Doso, pada konferensi pers di Hotel Claro Makassar, Rabu 9 Desember 2020.

Baca Juga: Usai Pilkada, Muncul Wacana Mutasi Besar-besaran di Pemkot Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya