Salonfoto Indonesia Kembali Digelar di Makassar, Kamu Bisa Ikutan

Fotografer didorong mempromosikan pariwisata Sulsel

Makassar, IDN Times - Salonfoto Indonesia, ajang tahunan kompetisi dan pameran fotografi tingkat nasional akan kembali digelar tahun 2020. Pada penyelenggaraan yang ke-41 sejak tahun 1973, kegiatan ini dipusatkan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Salonfoto Indonesia merupakan ajang penghargaan pada seni, ide, dan kreativitas dalam penyajian visual fotografi. Di edisi 41, penyelenggara, yakni Federasi Perkumpulan Senifoto Indonesia (FPSI) menggandeng Perkumpulan Fotografer Makassar (Performa) sebagai pelaksana.

Ketua Umum FPSI Johnny Hendarta mengatakan, Salonfoto Indonesia menjadi agenda tahunan dan satu-satunya yang diakui secara internasional sebagai tolok ukur kemajuan seni foto di Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan secara konsisten dan terukur selama lebih dari 40 tahun terakhir. 

“Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir ini, perkembangan seni foto di Indonesia bisa ditingkatkan melalui kegiatan Salonfoto Indonesia,” kata Johnny dalam keterangan persnya di Makassar, Minggu (22/12).

1. Peserta memperebutkan trofi bergilir Adam Malik Award

Salonfoto Indonesia Kembali Digelar di Makassar, Kamu Bisa IkutanPeluncuran Salonfoto Indonesia ke-41 di Makassar. Dok. IDN Times/Istimewa

Pada Salonfoto Indonesia, fotografer bisa mendaftarkan diri sebagai peserta dalam kompetisi bertahap. Peserta memperebutkan hadiah berupa satu medali emas, dua medali perak, serta lima medali perunggu. Di setiap pelaksanaan, panitia menggelar kompetisi dalam tiga hingga empat kategori.

Penyelenggara juga menyediakan trofi bergilir Adam Malik Award, bagi fotografer dengan jumlah kumulatif tertinggi. Ada juga hadiah tambahan sebagai wujud apresiasi bagi karya para pemenang.

“Dalam pelaksanaan Salonfoto Indonesia yang terakhir dilaksanakan oleh Perhimpunan Fotografer Bali (PFB) tahun 2019, jumlah karya foto yang masuk adalah 4.528, dengan 1.167 foto terpilih, dan diikuti oleh 23 perkumpulan sen ifoto di Indonesia,” kata Johnny.

2. Salonfoto Indonesia dukung promosi pariwisata Sulsel

Salonfoto Indonesia Kembali Digelar di Makassar, Kamu Bisa IkutanInstagram.com/toraja_id

Makassar bakal menjadi tuan rumah Salonfoto Indonesia untuk kali kedua, setelah yang pertama di tahun 2011. Ketua Umum Performa, Junaidi Sudirman mengatakan, kegiatan ini bakal mendorong kembali semangat kreativitas fotografer dalam pengembangan seni foto di industri kreatif.

Ada beberapa tahap penyelenggaraan. Pada Januari hingga Mei 2020 digelar lomba foto bulanan berbasis media sosial. Panitia kemudian membuka penerimaan karya peserta kompetisi pada April hingga Juni, untuk diproses penjurian pada Agustus.

Penganugerahan karya pemenang bakal digelar bersamaan dengan malam budaya Sulawesi Selatan, pada Agustus 2020. Panitia merencanakan lokasinya di Kawasan Adat Kete Ke’su, Kabupaten Toraja Utara. Sebagai penutup, digelar pameran karya foto Salonfoto Indonesia ke-41 di sejumlah kota Indonesia, pada Agustus hingga Desember.

“Dipilihnya Makassar sebagai tuan rumah akan memberikan dampak yang besar, termasuk dalam upaya promosi kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan,” kata Junaidi. 

Baca Juga: Selamat! Jurnalis IDN Times Jateng Raih Penghargaan AJP 2019

3. Lomba melibatkan juri nasional yang tersertifikasi

Salonfoto Indonesia Kembali Digelar di Makassar, Kamu Bisa IkutanPerkumpulan Fotografer Makassar (Performa), penyelenggara Salonfoto Indonesia ke-41. Dok. IDN Times/Istimewa

Salonfoto Indonesia ke-41 dibuka untuk beberapa kategori lomba. Yaitu kategori Cetak Warna, Cetak Monokrom, Softcopy Foto Perjalanan, dan Softcopy Fotografi Jalanan.

Panitia melibatkan 20 juri nasional, dari kalangan fotografer ternama dan tersertifikasi oleh FPSI. Selain medali, peserta pemenang juga bakal mendapatkan hadiah berupa perlengkapan fotografi dari pihak pendukung.

“Pemilihan Kawasan Adat Kete Ke’su sebagai tempat penyelenggaraan puncak kegiatan Salonfoto Indonesia Ke-41 tahun 2020 ini adalah upaya kami sebagai pemerhati kebudayaan dan kepariwisataan Indonesia, dan Sulawesi Selatan pada khususnya, untuk melakukan promosi dan tata kelola pemasaran melalui media fotografi,” kata Thaib Chaidar, Ketua Penyelenggara Salonfoto Indonesia Ke-41.

Baca Juga: Angkat Tema Albino, Jurnalis IDN Times Raih Penghargaan APFI 2019

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya