Comscore Tracker

Relawan Ganjar Galang Dukungan Komunitas Nelayan di Gowa

Dirangkaikan pelatihan keselamatan di laut bagi nelayan

Makassar, IDN Times - Kelompok relawan Komunitas Nelayan Pesisir Sulawesi Selatan melanjutkan menggalang dukungan bagi kandidat calon presiden Ganjar Pranowo. Deklarasi dukungan masyarakat pesisir berlangsung di Desa Taeng, Kecamatan Palangga, Kabupaten Gowa, Selasa (13/9/2022).

Koordinator Komunitas Nelayan Pesisir Gowa, Angga mengatakan, nelayan dan masyarakat setempat menilai dari kandidat presiden yang mengemuka, Ganjar dianggap paling peduli kepada masyarakat marginal.

"Bapak Ganjar sudah sukses dengan program-program beliau terutama untuk para nelayan," kata Angga dalam siaran persnya, Rabu (14/9/2022).

Baca Juga: Perempuan Millennials Bone Terinspirasi Program Serat Kartini Ganjar

1. Terpikat program Ganjar untuk nelayan di Jateng

Relawan Ganjar Galang Dukungan Komunitas Nelayan di GowaIlustrasi nelayan (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Angga mengatakan, nelayan dan masyarakat pesisir banyak yang mendukung Ganjar setelah mengetahui rekam jejaknya sebagai Gubernur Jawa Tengah. Di Jateng, Ganjar disebut menginisiasi sejumlah program untuk kalangan nelayan.

Program yang dimaksud, kata Angga, antara lain asuransi kecelakaan serta subsidi bahan bakar minyak (BBM). Dia mengatakan, program asuransi nelayan sudah menjangkau 151 ribu orang di Jateng dalam kurun 2016 hingga 2022.

"Ganjar menyiapkan sejumlah program bantuan dengan anggaran Rp60 miliar untuk meringankan beban masyarakat akibat penyesuaian harga BBM," kata Angga.

2. Pengalaman dianggap lengkap

Relawan Ganjar Galang Dukungan Komunitas Nelayan di GowaGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Instagram.com/@ganjar_pranowo)

Menurut Angga, Ganjar Pranowo termasuk pemimpin dengan pengalaman lengkap. Sebelum memimpin eksekutif, Ganjar sudah pernah duduk di legislatif sebagai anggota DPR. 

Selain bekal pengalaman, Ganjar dinilai sebagai sosok yang humanis, berprestasi, cerdas, dan bisa merangkul semua kalangan. Angga berharap, kelak program kesejahteraan nelayan yang diinisiasi Ganjar di Jateng bisa diterapkan dalam skala nasional.

"Pak Ganjar itu orangnya terbuka untuk semua kalangan dan peduli pada nelayan. Terbukti, program beliau di Jateng yaitu asuransi untuk nelayan dan subsidi solar untuk nelayan," ujar Angga.

3. Nelayan dibekali pemahaman keselamatan di laut

Relawan Ganjar Galang Dukungan Komunitas Nelayan di GowaIlustrasi. Nelayan di Kabupaten Tangerang terdampak wabah COVID-19 (ANTARA FOTO/Fauzan)

Dalam rangkaian deklarasi dukungan untuk Ganjar, Komunitas Nelayan Pesisir Sulsel menggelar pelatihan keselamatan melaut bagi para nelayan. Kegiatan ini untuk meminimalisir adanya kecelakaan kerja saat nelayan melaut.

Pelatihan singkat itu diantaranya memberitahu waktu yang tepat untuk melaut. Nelayan dilatih untuk bisa memantau cuaca, navigasi, arah angin lewat berbagai aplikasi yang telah disediakan pemerintah.

Angga menyebut kegiatan dihadiri seratusan orang perwakilan nelayan dari berbagai daerah pesisir di Gowa. Mereka juga memberikan paket sembako bagi nelayan yang hadir.

"Kami akan terus memberikan edukasi dan bantuan bagi nelayan, serta menggalang dukungan nelayan untuk menjadikan Ganjar Presiden 2024," ujar Angga.

Baca Juga: Survei Poltracking: Elektabilitas Ganjar Kalahkan Prabowo dan Anies

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya