Comscore Tracker

Rayakan HUT RI, Satu Pendaki Gunung Bawakaraeng Patah Kaki

Pendaki diingatkan memenuhi standar keselamatan

Makassar, IDN Times - Satu pendaki yang hendak merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan di Gunung Bawakaraeng, Sulawesi Selatan, mengalami kecelakaan. Informasi itu dihimpun Basarnas Sulsel dari laporan Siaga SAR Khusus Merah Putih Gunung Bawakaraeng.

"Tim SAR Gabungan mengevakuasi satu orang pendaki yang terjatuh di Pos 8 dan mengalami fraktur di kaki," kata Kepala Seksi Operasi Basarnas Sulsel M Rizal kepada wartawan, Selasa (16/7/2022).

Rizal mengatakan, siaga SAR kali ini melibatkan 215 orang. Tim siaga bergerak menuju pos-pos pendakian hingga puncak Gunung Bawakaraeng jelang perayaan HUT RI 17 Agustus.

Baca Juga: Basarnas Sulsel Catat 1435 Pendaki Menuju Puncak Gunung Bawakaraeng

1. Tim SAR ingatkan pendaki penuhi standar keselamatan

Rayakan HUT RI, Satu Pendaki Gunung Bawakaraeng Patah KakiPendaki di kawasan Gunung Bawakaraeng. (Dok. Basarnas Sulsel)

Hingga Selasa petang, tim Siaga SAR mencatat sebanyak 1.435 orang memadati kawasan Gunung Bawakaraeng untuk perayaan HUT ke-77 RI. Dengan rincian, 763 orang tujuan puncak gunung, 518 orang tujuan Lembah Ramma, dan 154 orang berkemah di hutan pinus Lembanna.

Rizal mengatakan, kondisi umum para pendaki dalam keadaan baik. Tim SAR telah menyortir pendaki yang tidak memiliki perlengkapan yang standar. Mereka diarahkan untuk melengkapinya sebelum melaksanakan pendakian.

2. Basarnas pantau pendaki lewat dua jalur

Rayakan HUT RI, Satu Pendaki Gunung Bawakaraeng Patah KakiKawasan hutan pinus Lembanna, kaki Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa. IDN Times/Sahrul Ramadan

Jelang HUT RI, Basarnas mengimbau agar para pendaki Gunung Bawakaraeng melewati jalur umum. Imbauan disampaikan lewat media sosial.

Dua jalur dimaksud adalah Lembanna dan Bulu Balea di Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa. Pendaki diarahkan melalui jalur itu agar memudahkan registrasi dan pengecekan perlengkapan.

3. Cuaca cerah di Bawakaraeng

Rayakan HUT RI, Satu Pendaki Gunung Bawakaraeng Patah KakiBasarnas Makassar

Menurut laporan tim Siaga SAR, cuaca di Gunung Bawakaraeng dalam kondisi cerah dengan anin kencang. Suhu udara mencapai 14 derajat Celcius.

Rizal mengatakan, Basarnas Sulsel berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Pemerintah setempat dan pihak Kepolisian, agar melarang pendaki yang tidak membawa perlengkapan standar.

"Kita harap tidak ada yang mendaki menggunakan sandal jepit agar tidak terjadinya cedera kaki," lanjut Rizal.

Baca Juga: Gunung Bawakaraeng: Info Rute, Tiket, dan Aktivitas Seru

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya