Nelayan Terjatuh di Perairan Bone Ditemukan Tewas

Perahu korban ditemukan terbalik di tengah laut

Makassar, IDN Times - Seorang nelayan bernama Ahmad Neng, 40 tahun, dilaporkan terjatuh dari perahu di perairan Cappa Ujung, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Senin (29/5/2023). Korban ditemukan tewas sehari kemudian.

Korban dilaporkan terjatuh saat perahunya terbalik. Tim SAR gabungan yang menurunkan penyelam menemukan jasadnya di sekitar lokasi perahu terbalik, Selasa pagi (30/5/2023).

"Korban ditemukan pada pukul 08.40 Wita oleh penyelam yang melakukan pencarian sekitar 20 meter dari ditemukannya perahu milik korban", kata Plh Kantor Basarnas Sulsel Bustanil, Selasa.

Baca Juga: Kapal Nelayan yang Mati Mesin di Bulukumba Ditemukan

1. Perahu korban ditemukan terbalik

Nelayan Terjatuh di Perairan Bone Ditemukan TewasSeorang nelayan ditemukan tewas usai dilaporkan hilang dengan kondisi perahu terbalik di Bone, Sulawesi Selatan, Selasa (30/5/2023). (Dok. Basarnas Sulsel)

Sebelumnya perahu korban ditemukan dalam kondisi terbalik oleh nelayan saat akan merapat kembali ke pesisir, Senin siang. Saat diperiksa, perahu itu diyakini milik Ahmad Neng yang juga merupakan nelayan.

Beberapa nelayan sekitar berusaha melakukan pencarian. Namun karena tidak menemukan keberadaan korban lalu menghubungi Babinsa dan melaporkan ke pihak Basarnas.

2. Basarnas turunkan tim pencari

Nelayan Terjatuh di Perairan Bone Ditemukan TewasTim SAR gabungan menggelar operasi pencarian nelayan hilang di perairan Bone, Sulawesi Selatan, Selasa (30/5/2023). (Dok. Basarnas Sulsel)

Merespons laporan orang hilang, Basarnas Sulsel mengerahkan personel Pos Sar Bone menggunakan Rigid Inflatable Boat (RIB) dan Rescue Boat 302. Tim gabungan pun langsung mencari korban di sekitar lokasi perahu terbalik.

"Proses pencarian sudah dilakukan sejak kemarin sore hingga malam, namun karena kondisi visibiltas pencarian dihentikan dan dilanjutkan kembali pagi tadi," ucap Bustanil.

3. Basarnas sampaikan belasungkawa kepada keluarga korban

Nelayan Terjatuh di Perairan Bone Ditemukan TewasTim SAR gabungan menggelar operasi pencarian nelayan hilang di perairan Bone, Sulawesi Selatan, Selasa (30/5/2023). (Dok. Basarnas Sulsel)

Atas kejadian ini, Bustanil menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban. Dia mencugapkan terima kasih kepada unsur SAR yang telah membantu pencarian.

"Kami terima kasih kepada seluruh unsur yang tergabung dalam Sar Gabungan dan juga mengimbau kepada nelayan agar bisa mengutamakan keselamatan dengan memakai alat pelampung agar bisa menghindari fatalitas bila terjadi kondisi darurat," kata Bustanil.

Baca Juga: Jokowi Dorong Basarnas Punya Alat Canggih: Tak Ada Anggaran, Ajukan!

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya