Comscore Tracker

Kereta Api di Sulsel Beroperasi Bertahap Mulai Akhir Tahun 2020

Rel sepanjang 44 kilometer sudah selesai dikerjakan

Makassar, IDN Times - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengunjungi proyek pembangunan rel kereta api di Trans Sulawesi di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Rabu (20/3). Pada tahap pertama, rute kereta api akan menghubungkan Kota Makassar dengan Kota Parepare dengan jarak 145 kilometer.

Saat ini, rel kereta telah selesai dikerjakan sepanjang 44 kilometer di Kabupaten Barru. Selanjutnya akan dilanjutkan pengerjaan rel tambahan sepanjang 60 kilometer, agar bisa dimulai dioperasikan secara bertahap. Sedangkan rel Makassar-Parepare ditargetkan bisa selesai tahun 2023.

“Kita akan kerjakan total 104 km dulu, bersamaan dikoneksikannya rel ke beberapa pabrik semen di sini. Dan pada saat itu kita mulai operasikan, paling lambat akhir tahun 2020,” kata Budi.

1. Kereta akan beroperasi untuk mengangkut penumpang dan barang

Kereta Api di Sulsel Beroperasi Bertahap Mulai Akhir Tahun 2020IDN Times / Aan Pranata

Budi mengatakan, awalnya kereta Trans Sulawesi akan dioperasikan sebagai angkutan kombinasi penumpang dan barang. Selain melayani transportasi di daerah terjangkau, kereta akan berguna mengangkut barang-barang industri di sekitarnya.

Menurut Budi, kondisi tersebut realistis, mengingat di Barru dan sekitarnya terdapat beberapa pabrik semen. Kereta juga dapat mengangkut batu bara dari pelabuhan. Transportasi via kereta, menurut dia, akan dipilih oleh pengusaha, karena lebih ekonomis sekitar 20 persen dibandingkan angkutan mobil jalan raya.

“Dengan adanya kereta ini, dimungkinkan gubernur dan bupati memberi izin lokasi untuk pabrik-pabrik yang lain. Jadi, sebagai angkutan barang akan sangat efektif sekali,” ucapnya.

Baca Juga: 5 Kuliner Berkuah Khas Sulawesi Selatan Ini Dijamin Maknyus

2. Operator kereta api akan diserahkan kepada swasta

Kereta Api di Sulsel Beroperasi Bertahap Mulai Akhir Tahun 2020Humas Pemprov Sulsel

Hingga kini, pemerintah masih menjajaki soal operator Kereta Api Trans Sulawesi. Terbuka kemungkinan kerja sama dengan swasta, melalui skema tender Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Tender juga dibuka untuk membangun infrastruktur jalan dari jaringan rel kereta menuju pabrik-pabrik.

Berbeda dengan umumnya kereta api di Jawa yang dikelola sepenuhnya PT KAI, Kereta Trans Sulsel akan dikelola terpisah baik sarana dan prasarana, dengan nilai investasi Rp1 triliun.

“Ini menggembirakan karena yang ikut dalam tender ini lebih 20 konsorsium dalam dan luar negeri, dan itu swasta semua,” kata Budi.

3. Proyek rel terhalang medan yang cukup sulit

Kereta Api di Sulsel Beroperasi Bertahap Mulai Akhir Tahun 2020heritage.kai,id

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri mengatakan, rute kereta api Makassar menuju Parepare sepanjang 145 kilometer dibangun dalam lima segmen perencanaan terpisah. Saat ini, 44 kilometer telah rampung dikerjakan masuk dalam segmen satu dan dua.

Hingga tahun 2020, diupayakan pengerjaan konstruksi segmen empat dari Kabupaten Barru menuju Parepare. Sedangkan sisanya di segmen lima menuju ke Pangkep, Maros, dan Makassar, dikerjakan belakangan.

“Untuk segmen empat, kita sedikit terhalang oleh topografi medan yang cukup berat. Di tempat lain ada yang masih terkendala lahan karena ada makam yang harus dipindah,” ucapnya.

Baca Juga: Konsep Revitalisasi Sungai Citarum Diadopsi ke Sulawesi Selatan

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya