Comscore Tracker

Kebakaran TPA Tamangapa Antang, Polisi Periksa Pengelola

Polisi cari tahu penyebab dan kronologis kejadian

Makassar, IDN Times - Petugas Reserse Kriminal Polrestabes Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (18/9) menggelar olah tempat kejadian perkara di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) Tamangapa, Antang, Makassar. Polisi menyelidiki lokasi tersebut menyusul kebakaran beberapa hari lalu yang menghasilkan asap tebal hingga sebagian wilayah Kota Makassar.

Kebakaran terjadi pada Minggu (15/9) siang hingga Senin (16/9) dini hari. Namun hingga kini petugas Pemadam Kebakaran masih berfokus mendinginkan tumpukan sampah untuk mencegah munculnya titik api.

Kepala Satuan Reskrim Polrestabes Makassar AKBP Indratmoko mengatakan, olah TKP digelar usai konsentrasi pemadaman api. Polisi menggali kemungkinan adanya unsur pelanggaran pidana dalam kejadian tersebut.

"Kita olah TKP untuk mencari apa kira-kira penyebabnya, kemudian menyusun kronologis kejadian ini," kata Indratmoko di Makassar, Rabu (18/9).

1. Polisi periksa saksi-saksi di lokasi kebakaran

Kebakaran TPA Tamangapa Antang, Polisi Periksa PengelolaIDN Times/Aan Pranata

Usai olah TKP, Polrestabes Makassar rencana mulai memanggil saksi-saksi terkait peristiwa kebakaran. Keterangan saksi penting untuk mengetahui di mana awal titik kebakaran serta penyebarannya.

Saksi yang bakal diperiksa antara lain warga di sekitar lokasi dan pemulung di lingkungan TPA. Polisi juga akan memintai keterangan pengelola TPA untuk mengetahui seperti apa langkah-langkah yang disiapkam untuk pencegahan kebakaran.

"Terkait langkah-langkah pencegahan, kemudian seperti apa tahapan SOP penanganan musibah seperti ini," ucap Indratmoko.

 

2. Api hanguskan tujuh blok tumpukan sampah

Kebakaran TPA Tamangapa Antang, Polisi Periksa PengelolaIDN Times/Aan Pranata

Dari keterangan sementara yang dikumpulkan, Kepolisian menyimpulkan kebakaran di TPA Tamangapa berawal dari tumpukan sampah pada Blok A3. Karena dorongan angin, api kemudian menjalar ke tempat lain.

Indratmoko menyebutkan, setidaknya ada tujuh blok penampungan sampah yang terbakar. Selain itu ada juga kios milik warga yang ikut hangus.

Pada Rabu siang api sudah padam, namun tumpukan sampah masih mengeluarkan asap.

Baca Juga: [FOTO] TPA Antang Terbakar, Sebagian Makassar Diselimuti Kabut Asap

3. Polisi enggan terburu-buru menetapkan tersangka

Kebakaran TPA Tamangapa Antang, Polisi Periksa PengelolaIDN Times/Aan Pranata

Kasatreskrim menyatakan penyelidikan digelar untuk menggali penyebab kebakaran TPA Tamangapa. Kepolisian dianggap perlu mengambil tindakan, mengingat peristiwa kebakaran menimbulkan dampak besar terhadap masyarakat Makassar yang terpapar asap.

Meski demikian, aparat disebut tidak akan terburu-buru menetapkan tersangka. "Yang penting kita ungkap dulu penyebabnya, supaya di kemudian hari tidak terulang lagi," Indratmoko menerangkan.

Baca Juga: TPA Antang Terbakar, Waspada Terpapar Asap Beracun

Topic:

  • Aan Pranata
  • Irwan Idris

Just For You