Kapolda Irjen Nana Sudjana Mulai Berkantor di Polda Sulsel

Nana menjadi Kapolda Sulsel menggantikan Irjen Merdisyam

Makassar, IDN Times - Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Nana Sudjana untuk pertama kali berkantor di Kantor Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan, Selasa (16/11/2021).

Nana menggantikan Irjen Merdisyam yang ditarik ke Mabes Polri menjadi Wakil Kepala Badan Intelijen dan Kemanan (Intelkam). Pelantikan dan serah terima jabatan digelar di Mabes Polri, Jakarta, pada Rabu, 10 November 2021.

1. Kapolda disambut personel dan pejabat Polda Sulsel

Kapolda Irjen Nana Sudjana Mulai Berkantor di Polda SulselPenyambutan Kapolda Irjen Nana Sudjana di Kantor Polda Sulsel, Selasa (16/11/2021). (Dok. Polda Sulsel)

Pjs Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sulsel AKBP Usman Hamzah, dalam keterangan persnya menyatakan, Irjen Nana datang bersama istri sekaligus Ketua Pengurus Daerah (PD) Bhayangkari Sulsel Shinta Nana Sudjana. Mereka disambut dengan pengalungan bunga oleh Wakapolda Sulsel Brigjen Chuzaini Patoppoi.

Kapolda juga menerima sumpah Setia dari personil Polda Sulsel lewat tradisi Angngaru, dilanjutkan menerima jajar hormat di depan Pos Penjagaan. Dia kemudian menyapa para Pejabat Utama, Kapolresta dan Kapolres jajaran. Di lobi utama, dia disambut mantan Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam.

“Kegiatan juga akan langsung dilanjutkan dengan rapat paripurna Bhayangkari, serah terima Ibu Asuh Polwan, kenal pamit, acara pengantar tugas, serta farewell parade. Seluruh rangkaian kegiatan dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan ketat,” kata Usman.

Baca Juga: Irjen Nana Sudjana Ganti Irjen Merdisyam Jadi Kapolda Sulsel

2. Jadi Kapolda Sulsel berselang satu tahun setelah dicopot dari jabatan Kapolda Metro Jaya

Kapolda Irjen Nana Sudjana Mulai Berkantor di Polda SulselIrjen Nana Sudjana. (humas.polri.go.id)

Irjen Nana Sudjana merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1988. Sepanjang kariernya, dia banyak berpengalaman dan ditempatkan di jabatan bidang intel.

Dalam empat tahun terakhir, Nana sudah empat kali mengemban jabatan kapolda. Pada 2019, dia menjabat Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB). Di tahun yang sama, dia menggantikan Irjen Gatot Eddy Pramono menjadi Kapolda Metro Jaya. Namun satu tahun berselang dia dicopot usai terjadi kasus kerumunan yang melibatkan eks Imam Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

Nana sempat menjabat Koordinator Staf Ahli Kapolri. Pada awal 2021, dia ditunjuk menjadi Kapolda Sulawesi Utara. Tidak sampai satu tahun, kini dia dimutasi sebagai Kapolda Sulsel.

3. Kapolri mutasi sejumlah perwira tinggi Polri

Kapolda Irjen Nana Sudjana Mulai Berkantor di Polda SulselKapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo melambaikan tangan kepada awak media usai menjalani pertemuan dengan Pimpinan Pusat Persatuan Islam (Persis), di Bandung, Jawa Barat, Selasa (16/3/2021) (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memutasi sejumlah perwira tinggi. Salah satunya untuk jabatan Kepala Polda Sulawesi Selatan.

Kapolda Sulsel Irjen Merdisyam ditarik ke Mabes Polri menjadi Wakil Kepala Badan Intelijen dan Kemanan (Intelkam). Penggantinya adalah Irjen Nana Sudjana, yang dimutasi dari jabatan Kapolda Sulawesi Utara.

Mutasi itu tertuang dalam Surat Telegram Nomor ST/2278/X/KEP./2021 tanggal 31 Oktober 2021. Surat ditandatangai oleh Asisten SDM Kapolri Irjen Pol. Wahyu Widada.

Dikutip dari Antara, Kapolri memutasi 43 perwira tinggi. Mutasi tertuang dalam surat telegram bernomor ST/2278/X/KEP./2021. Mereka yang dimutasi antara lain Kapolda Jawa Barat Irjen Pol. Ahmad Dofiri diangkat sebagai Kabaintelkam Polri.

Jabatan ini sebelumnya ditempati oleh Komjen Pol. Paulus Waterpauw yang diangkat oleh Presiden sebagai Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan, Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) pada tanggal 27 Oktober lalu.

Perwira tinggi lainnya yang dimutasi adalah Kepala Divisi Humas Irjen Pol. Argo Yuwono. Dia menempati jabatan baru sebagai Aslog Kapolri.

Kapolri mengangkat Irjen Pol. Dedi Prasetyo yang saat ini menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Tengah menggantikan Argo menjadi Kepala Divisi Humas Polri.

Selain itu, Kapolri juga memutasi Kakorlantas Polri Irjen Pol. Istiono sebagai pati Korlantas Polri dalam rangka pensiun. Dia digantikan oleh Irjen Pol. Firman Shantyabudi yang kini menjabat Aslog Kapolri.

Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Brigjen Pol. Helmy Santika juga dimutasi sebagai Sahlijemen Kapolri. Posisi Helmy digantikan oleh Kombes Pol. Wishnu Hermawan Februanto yang naik jabatan dari Wadirpideksus menjadi Dirtipideksus. Sementara itu, jabatan Kapolda Jawa Barat akan diisi oleh Irjen Pol. Suntana yang saat ini menjabat sebagai Wakabaintelkam Polri.

Baca Juga: Buktikan Janji ‘Potong Kepala’, Kapolri Copot 7 Pejabat Polisi 

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya