Comscore Tracker

Ini Calon Haji Tertua Asal Sulsel, Usianya 102 Tahun

Calon haji termuda se-Indonesia asal Luwu Utara

Makassar, IDN Times - Sebanyak 7.759 calon haji asal Sulawesi Selatan akan mulai memasuki Asrama Haji Sudiang di Makassar, pada 6 Juli 2019. Mereka akan bergabung dengan jemaah asal tujuh provinsi untuk diterbangkan secara bertahap ke Tanah Suci melalui Embarkasi Makassar.

Dari jumlah tersebut, sebagian calon haji merupakan jemaah prioritas yang masuk kategori lanjut usia di atas 75 tahun. Calon haji tertua asal Sulsel pada musim ini tercatat berasal dari Kabupaten Bone, dengan usia 102 tahun.

"Namanya A Sitti Amase Parawangi Senge, wanita asal desa Lanca, Kecamatan Tellusiattange Bone. Dia lahir 1 Juli tahun 1917," kata Solihin, Kepala Seksi Pembinaan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulsel, kepada IDN Times di Makassar, Kamis (20/6).

1. Jemaah lansia didampingi anggota keluarga

Baca Juga: 6 Juli, Kloter Pertama Calon Haji Makassar Masuk Asrama  

Ini Calon Haji Tertua Asal Sulsel, Usianya 102 TahunSejumlah warga mengecek daftar kuota haji di Kantor Kemenag Makassar (IDN Times / Istimewa)

Solihin mengungkapkan, setiap calon haji dengan kategori lanjut usia masuk prioritas dalam daftar tunggu pemberangkatan. Untuk kelancaran ibadah, mereka didampingi oleh anggota keluarga selama di Tanah Suci, serta jelang keberangkatan maupun kepulangan. Petugas haji juga akan memberlakukan pengawasan khusus terhadap mereka.

Menurut aturan, tidak sembarang keluarga bisa mendampingi calon haji lanjut usia. Syaratnya antara lain, pendamping boleh suami, istri, anak kandung, adik kandung, atau menantu. Selain itu, calon pendamping juga mesti terdaftar di Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), minimal dua tahun sebelum jadwal keberangkatan.

"Untuk jemaah haji tertua asal Bone akan didampingi anak kandungnya bernama Kamaludding Salanra Padu," ucap Solihin.

2. Calon haji asal Luwu Utara termuda se-Indonesia

Ini Calon Haji Tertua Asal Sulsel, Usianya 102 TahunPixabay/Glady

Pada musim haji tahun 2019, calon haji termuda di Sulsel tercatat atas nama Putri Lakoding Nemmi dengan usia 17 tahun. Wanita asal Tarra Tallu, Kecamatan Mappadeceng, Kabupaten Luwu Utara lahir pada 13 Oktober 2001.

Selain di Sulsel, Putri juga merupakan calon haji termuda asal Indonesia tahun ini. Usianya di bawah 18 tahun, yang jadi syarat minimal usia untuk berangkat haji. "Dia dapat pengecualian karena sudah menikah. Dalam aturan kan minimal 18 tahun atau sudah menikah," kata Solihin.

3. Jemaah asal Kota Makassar berangkat lebih dulu

Ini Calon Haji Tertua Asal Sulsel, Usianya 102 TahunANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Sebanyak 450 calon haji kelompok terbang pertama Embarkasi Makassar akan masuk Asrama Haji Sudiang pada 6 Juli mendatang. Sehari berselang mereka diterbangkan ke Arab Saudi. 

Kloter pertama, seluruhnya diisi jemaah asal Kota Makassar. Secara total akan diberangkatkan 40 kloter dari Embarkasi Makassar. Para calon haji masuk daftar setelah melalui proses pelunasan, kesehatan, dan administrasi lainnya.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Sulsel Kaswad Sartono mengatakan, pada tahun ini Embarkasi Makassar di Asrama Haji Sudiang, Makassar, akan menampung 16 ribu lebih jemaah haji. Jemaah masing-masing berasal dari Sulsel, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Baca Juga: Tanpa APBN, Kuota Tambahan Jemaah Haji 2019 Dibiayai BPKH dan Kemenag

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya