Comscore Tracker

Ilham Arief Sirajuddin Condong Dukung Deng Ical di Pilkada Makassar

Aco baru akan menentukan arah dukungan pada Februari nanti

Makassar, IDN Times - Eks Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin belum terang-terangan menyatakan dukungan politiknya pada pemilihan kepala daerah tahun 2020. Aco -sapaan Ilham- menyatakan masih melihat situasi dan peluang para kandidat.

Ilham yang menjabat Wali Kota pada periode 2004-2009 dan 2009-2014, merupakan salah satu tokoh berpengaruh di Makassar. Selama ini sebagian kalangan menganggap dukungannya di Pilkada akan berpengaruh besar dalam upaya kandidat merebut suara pemilih.

"Nanti bulan Februari saya rilis survei sekaligus saya umumkan," kata Ilham di Makassar, Rabu (22/1).

1. Deng Ical disebut punya kans besar

Ilham Arief Sirajuddin Condong Dukung Deng Ical di Pilkada MakassarSyamsu Rizal, kanan. makassarkota.go.id

Ilham menyebut sejumlah kandidat punya peluang yang baik untuk bertarung di Pilkada Makassar. Dia merujuk pada tren tingkat keterpilihan atau elektabilitas yang ditunjukkan sejumlah lembaga survei.

Dari beberapa nama, eks Wali Kota Syamsu Rizal disebut layak diperhitungkan. Deng Ical dianggap mampu menyaingi elektabilitas kandidat inkumben Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto.

"Sebagai perbandingan survei terakhir, elektabilitas Ical 19 persen. Danny 31 persen tapi trennya menurun. Bagi inkumben, 31 persen itu tidak aman," ucap Ilham.

2. Aliyah Mustika belum pasti bertarung

Ilham Arief Sirajuddin Condong Dukung Deng Ical di Pilkada MakassarIDN Times/Aan Pranata

Istri Ilham, Aliyah Mustika sebelumnya ramai disebut-sebut sebagai salah satu kandidat wali kota Makassar. Namun anggota DPR RI itu belum menegaskan sikapnya, apakah bakal bertarung atau tidak.

Ilham sendiri enggan menjawab peluang istrinya mencalonkan diri. Namun sebelumnya, dia pernah mengungkapkan bahwa masih akan melihat peta politik.

Baca Juga: Pilkada Makassar, Ilham Arief Sirajuddin Tak Otomatis Dukung Istri

3. Kandidat akui pengaruh Ilham di peta politik Makassar

Ilham Arief Sirajuddin Condong Dukung Deng Ical di Pilkada MakassarIDN Times/Aan Pranata

Sejumlah kandidat wali kota Makassar mengakui peran Ilham yang masih sangat berpengaruh dalam peta politik Makassar. Salah satunya diungkapkan Munafri Arifuddin.

Menurut bos PSM Makassar, Dukungan Ilham diharap bisa menjadi mesin penggerak bagi berbagai simpul masyarakat untuk mengarahkan suara pemilih di Pilkada.

"Memang mau tidak mau, suka atau tidak suka, di masyarakat nama pak Ilham masih sangat bagus. Sehingga calon wali kota yang mau maju menginginkan bukan hanya restu, tapi juga support dari beliau," kata Munafri.

"Mesin-mesin yang dimiliki pak Ilham dengan menjadi wali kota selama sepuluh tahun akan memberikan support yang luar biasa," dia melanjutkan.

Baca Juga: Pilkada Makassar, Ilham Arief Sirajuddin Tak Otomatis Dukung Istri

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya