Hasil Pilkada Makassar Mulai Direkap di Kecamatan

Data suara di Sirekap cuma jadi alat bantu penghitungan

Makassar, IDN Times – Hasil penghitugan suara Pilkada Makassar 2020 mulai direkapitulasi pada tingkat kecamatan, hari ini, Jumat (11/12/2020). Rekap digelar serentak pada 15 kecamatan se-Makassar.

Pada tahapan tersebut, Panitia Pemungutan Suara (PPS) melaporkan hasil penghitungan suara dari semua TPS di wilayahnya, kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Di Makassar terdapat 2.394 TPS yang tersebar di 153 kelurahan.

“Sesuai tahapan pilkada serentak, rekapitulasi di tingkat kecamatan dimulai hari ini hingga paling lambat 14 Desember. Setelah itu dilanjutkan dengan rekapitulasi tingkat kota,” kata Komisioner KPU Makassar Gunawan Mashar saat dihubungi, Jumat.

Baca Juga: Ini Tahapan Rekapitulasi Sampai Penetapan Hasil Pilkada Makassar

1. Rekap Pilkada Makassar ditarget selesai sesuai jadwal

Hasil Pilkada Makassar Mulai Direkap di KecamatanKomisioner KPU Makassar Gunawan Mashar. IDN Times/Asrhawi Muin

Gunawan menerangkan, KPU mengagendakan rekapitulasi suara tingkat kota pada 14-17 Desember 2020. Pada tahapan itu, KPU sekaligus menggelar rapat pleno penetapan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota terpilih.

KPU Makassar menargetkan rekapitulasi berlangsung sesuai jadwal, baik di tingkat kecamatan maupun kota.

“Dibandingkan Pemilu 2019, rekap Pilkada Makassar relatif makan waktu yang lebih sedikit karena cuma satu jenis pemilihan,” kata Gunawan.

2. Data Sirekap cuma jadi alat bantu

Hasil Pilkada Makassar Mulai Direkap di Kecamatanpilkada2020.kpu.go.id

Seiring rekapitulasi berjenjang, KPU Makassar terus merampungkan data Hitung Suara melalui aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap). Data itu bisa diakses publik di laman pilkada2020.kpu.go.id.

Data Sirekap bersumber dari foto rekapitulasi penghitungan suara dari setiap TPS. Tapi data itu bukan rujukan utama untuk penetapan hasil pilkada.

“Data Sirekap berfungsi sebagai alat pembanding, dan utamanya alat bantu penghitungan. Penetapan hasil pilkada tetap merujuk kepada rekapitulasi resmi lewat rapat pleno terbuka,” Gunawan menerangkan.

3. Danny-Fatma unggul di penghitungan sementara Sirekap

Hasil Pilkada Makassar Mulai Direkap di KecamatanBapaslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto dan Farma Rusdi saat mendeklarasikan diri di atas kapal Pinisi di Pantai Losari, Kamis (3/9/2020). IDN Times/Istimewa

Dari pantauan IDN Times, pada Jumat pukul 10.56 Wita, Sirekap sudah menghimpun data penghitungan suara dari 1.086 atau 45,36 persen TPS di Makassar.

Menurut data itu, pasangan Mohammad Ramdhan “Danny” Pomanto-Fatmawati Rusdi unggul dengan perolehan suara 41,4 persen. Berikutnya, Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando meraih 34,6 persen, Syamsu Rizal-Fadli Ananda 19,2 persen, dan Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Armin 4,9 persen. Hasil tersebut tidak jauh dari hitung cepat yang dirilis sejumlah lembaga survei pada hari pemungutan suara, 9 Desember 2020 lalu.

Baca Juga: Pilkada Makassar 2020, Appi-Rahman Ucapkan Selamat untuk Danny-Fatma

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya