Comscore Tracker

Gubernur Ucapkan Selamat untuk PSM, Netizen: Stadion, Pak Gub!

Tidak ada stadion di Makassar, PSM berkandang di Parepare

Makassar, IDN Times - Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan selamat kepada klub sepak bola PSM Makassar yang melangkah jauh di turnamen AFC Cup 2022. Ucapan apresiasi itu mendapat beragam respons warganet.

Ucapan selamat yang diunggah Andi Sudirman di media sosial Facebook dan Instagram, pada Kamis pagi (11/8/2022), dipenuhi komentar soal tiadanya infrastruktur stadion layak di Kota Makassar. Stadion Mattoanging yang dulu jadi markas PSM kini rata dengan tanah sebab proyek pembangunan ulang belum terlihat progresnya.

Baca Juga: 2 Kartu Merah PSM di AFC Cup, Tavares Sebut karena Dampak Wasit Liga 1

1. PSM lolos ke final AFC Cup Zona ASEAN

Gubernur Ucapkan Selamat untuk PSM, Netizen: Stadion, Pak Gub!Yakob Sayuri (kiri), Rizky Eka Pratama (tengah) dan Muhammad Dzaky Asraf (kanan) merayakan gol yang dicetak ke gawang Tampines Rovers dalam laga Grup H AFC Cup 2022 yang berlangsung di KLFA Stadium Kuala Lumpur, Senin 27 Juni 2022. (the-afc.com)

Gubernur Sulsel Andi Sudirman menyampaikan selamat atas prestasi PSM Makassar di AFC Cup 2022. Tim berjuluk Juku Eja lolos ke partai final Zona ASEAN, usai menang atas wakil Malaysia Kedah FC di partai semi final, Selasa (9/8/2022).

"Atas nama Pemerintah dan masyarakat Sulsel apreasiasi setinggi-tingginya atas prestasi yang diraih oleh PSM Makassar berhasil masuk ke babak final AFC Cup 2022. Semoga menjadi pemenang dalam event AFC Cup 2022 ini! EWAKO," tulis Andi Sudirman sebagai keterangan foto yang diunggah pada akun pribadinya di Facebook dan Instagram.

Di laman resmi Pemprov Sulsel, Andi Sudirman juga menyampaikan semangat dan doa kepada tim sepak bola kebanggaan masyarakat Sulsel. 

“Dukungan dan doa kami sampaikan agar tim tetap sehat dan sudah siap secara mental, agar tim kesayangan dan kebanggaan masyarakat Sulsel dapat meraih kemenangan di final,” katanya.

2. Beragam komentar warganet soal stadion

Unggahan Gubernur Andi Sudirman menuai beragam respons. Sebagian besar menyinggung soal urgensi menghadirkan sarana stadion yang representatif di Sulsel. Sehingga PSM harus memainkan partai AFC Cup di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Unggahan di FacebookAndiSudirman, hingga Kamis (11/8/2022) pukul 12.32 Wita, disukai 3,5 ribu akun, direspons 607 komentar, dan 97 kali dibagikan.

Salah satu akun pengguna Facebook, Sahar Daeng, menyoroti tiadanya sarana stadion layak di Makassar. Sehingga PSM yang selama ini jadi kebanggaan warga Sulsel harus jadi tim musafir di Bali.

"Tabe saya sebagai masyarakat Sul-Sel, Malu siri melihat PSM Makassar main diluar kandang. Tolong di usahakan supaya Sul-Sel ada tong stadionnya bisa di banggakan oleh masyarakatnya Pak Hub. Ukir sejarah baru pak di tanah Sulawesi, nama bapak akan dikenang terus oleh pencinta bola apabila itu bisa terwujud terbukti. Stadion Mattoangin bisa berdiri lagi, tks," tulis akun Sahar Daeng.

Firman Firdaus menulis: "pokoknya nanti stadionnya lebih dari JIS. harapan masyarakat makasar dan sulsel pada umumnya, semoga cepat terealisasi."

Namun ada juga yang menimpali bahwa PSM tidak sepenuhnya jadi tim musafir. Untuk kompetisi Liga 1, PSM masih main di Sulsel.

"Dimana pun PSM bermain selama masih sul-sel berarti masih bermain di kandangnya," kata Bung Syur.

Komentar lain di antaranya berupa dukungan kepada Pemprov agar membangun stadion yang layak bagi kemajuan olahraga daerah.

"Berikan apresiasi dgn membangunkn PSM stadion yg bertaraf internasional pak Gub, klo apresiasi selamat itu seluruh masyarakat Indonesia jg bisa tp yg pling penting itu pemerintah Sulsel wajib membantu sarana finansial PSM dgn membangun kembali stadion Mattoanging, yakin pst nama bpk akn d kenang oleh masyarakat & pecinta bola Sulsel," tulis Abd Karim Dewang.

3. PSM berkandang di Parepare, latihan di Gowa

Gubernur Ucapkan Selamat untuk PSM, Netizen: Stadion, Pak Gub!PSM VS Bali United di Stadion BJ Habibie Kota Parepare. (baliutd.com)

Di musim ini, PSM memainkan partai AFC Cup di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali. Sebab tidak ada stadion di Sulsel yang memenuhi standar AFC.

Pada kompetisi BRI Liga 1 musim 2022/2023, PSM Makassar memilih Stadion BJ Habibie di Kota Parepare sebagai markasnya. Semua pertandingan kandang PSM akan digelar di sana.

Sejauh ini sudah dua partai kandang PSM dimainkan di Parepare. Masing-masing saat menang 2-0 atas Bali United pada 29 Juli 2022 serta imbang 1-1 lawan Persija pada 5 Agustus 2022.

Untuk urusan latihan, manajemen PSM Makassar memilih Kabupaten Gowa. Ada dua sarana yang jadi tempat latihan PSM, yakni Stadion Kalegowa di Pallangga dan Lapangan Syekh Yusuf di Sungguminasa. PSM berlatih di Gowa selama sarana latihan mereka di Bosowa Sport Center Makassar dalam masa renovasi.

Baca Juga: Tavares dan Pluim Bangga Bawa PSM ke Final AFC Cup Zona ASEAN

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya