Bupati Morowali Utara Meninggal karena Corona, Istri dan Anak Positif

Mereka menjalani isolasi mandiri di Makassar

Makassar, IDN Times – Bupati Morowali Utara, Sulawesi Tengah, Atripel Tumimomor meninggal di Makassar, Sulawesi Selatan, karena positif COVID-19, pada Kamis (2/4) pekan lalu. Kini, istri dan dua anaknya juga dinyatakan positif dan sementara menjalani isolasi mandiri di Makassar.

Kabar itu disampaikan langsung oleh istri almarhum, Liliana Tumimomor, melalui video yang dia buat sendiri pada Rabu (8/4) malam. Video itu beredar di media sosial.

“Berdasarkan hasil swab tes pada tanggal 4 April 2020 tersebut, saya bersama kedua anak saya dan lima orang lainnya positif terinfeksi virus COVID-19,” kata Liliana pada video yang berdurasi 5,29 menit.

Baca Juga: Bupati Morowali Utara Dimakamkan dengan Protap Pasien Corona

1. Ada delapan pengantar almarhum Bupati Morowali Utara yang positif

Bupati Morowali Utara Meninggal karena Corona, Istri dan Anak PositifLiliana, istri almarhum Bupati Morowali Utara Atripel Tumimomor. Dok. IDN Times/Istimewa

Bupati Morowali Utara meninggal setelah dirawat di Rumah Sakit dr Wahidin Sudirohusodo Makassar. Pada video itu, Liliana menyatakan bahwa dia beserta rombongan keluarga dan kerabat yang mengantarkan ke Makassar langsung mengikuti tes swab, usai almarhum dinyatakan positif COVID-19.

Hasilnya, ada delapan orang dalam rombongan yang terindentifikasi positif. Sedangkan 15 lainnya negatif. Mereka yang positif kini menjalani isolasi mandiri di rumah pribadi, di Makassar.

“Hingga hari ini, alhamudlillah, puji Tuhan, kami sekeluarga tidak menunjukkan gejala, sehingga dianjurkan untuk melakukan isolasi di rumah. Saya sekeluarga dan sahabat yang positif COVID-19 memohon doa dan dukungan moril seluruh masyarakat Morowali Utara, agar segera sembuh dari penyakit ini,” ucap Liliana.

2. Istri almarhum merasa terlindungi selama menjalani isolasi di Makassar

Bupati Morowali Utara Meninggal karena Corona, Istri dan Anak PositifIlustrasi. Kamar rumah isolasi berbasis desa di Banyuwangi. IDN Times/Istimewa

Lebih lanjut, Liliana mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam perawatan almarhum suaminya, baik saat dirawat di Palu, Sulteng, maupun saat dirujuk di Makassar.

Liliana juga mengucapkan terima kasih kepada wali kota, camat, lurah, serta warga di sekitar kediamannya di Makassar karena memberikan rasa nyaman selama dia mengisolasi diri. Masyarakat sekitar tempat tinggal disebut turut memberi bantuan.

“Kami yang melaksanakan isolasi mandiri di rumah sangat merasa terlindungi dan merasa nyaman,” kata Lili.

3. Bupati Morowali Utara dimakamkan di Gowa, Sulsel

Bupati Morowali Utara Meninggal karena Corona, Istri dan Anak PositifBupati Morowali Utara, Ir. Atripel Tumimomor. Dok. IDN Times/Istimewa

Bupati Morowali Utara, Sulawesi Tengah, Atripel Tumimomor meninggal dunia di RSUP dr Wahidin Sudirohusodo Makassar, Sulawesi Selatan pada Kamis (2/4) sekitar pukul 22:30 WITA. Jenazahnya dimakamkan sesuai protokol pemakaman jenazah COVID-19.

Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, Haris Kariming, membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan bahwa Atripel Tumimomor dikebumikan di lokasi pemakaman khusus jenazah terkait COVID-19 di Kabupaten Gowa, Sulsel, pada Jumat (3/4) dini hari.

Haris Kariming yang juga Jubir Gubernur Sulteng mengungkapkan bahwa almarhum Bupati Morowali Utara itu telah menderita sakit sejak tanggal 31 Maret lalu. Lalu dia dirujuk ke RSUP dr Wahidin Sudirohusodo pada 1 April.

"Diagnosa awal mendiang yaitu bukan positif, tetapi negatif dari hasil rapid test corona," kata Haris, yang menyebut bahwa almarhum punya riwayat penyakit bawaan.

"Penyakit bawaan itu mungkin tidak etis kalau saya sampaikan dalam pernyataan ini," ujarnya.

Baca Juga: Antisipasi Virus Corona, Akses 43 Ribu Karyawan di Morowali Dibatasi

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya