BPBD Imbau Warga Makassar Waspadai Angin Kencang di Musim Transisi

Angin kencang sering muncul pada peralihan musim

Makassar, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar mengimbau masyarakat agar bersiap menghadapi musim transisi. Menurut prakiraan cuaca BMKG, Sulawesi Selatan akan mengalami musim hujan di dasarian III November 2023.

"Jadi Dasarian III November itu artinya tanggal 20 ke atas. Nah hari ini sudah terjadi transisi dari musim kemarau ke musim basah atau musim hujan," kata Kepala BPBD Maksssar Achmad Hendra Hakamuddin, dalam keterangannya, Jumat (24/11/2023).

Pada masa transisi, BPBD mengingatkan masyarakat berhati-hati dalam beraktivitas. Sebab biasanya peralihan musim ditandai hujan tiba-tiba dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang. Kondisi itu sudah terjadi di Makassar beberapa waktu terakhir.

"Olehnya itu kami dari BPBD mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati menghadapi musim transisi. Terutama fenomena angin kencang," ucap Hendra

"Hindari bangunan-bangunan tua, tiang, pohon-pohon tua, dan juga memperbaiki kontruksi rumah," dia menambahkan.

Ia juga mengimbau seluruh masyarakat yang bermukim di daerah rawan banjir bersiap menghadapi musim transisi. "Selalu memantau kondisi cuaca dari kanal-kanal resmi dan mematuhi apa yang diimbau pemerintah," katanya.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem, Pohon Tumbang-Atap Wisma Negara di Makassar Terangkat

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya