15 Ribu Umat Muhammadiyah Salat Idul Adha di Pantai Losari Makassar

Salat Idul Adha perdana Muhammadiyah di Losari

Makassar, IDN Times - Umat muslim mengikuti salat Idul Adha yang digelar Pimpinan Derah Muhammadiyah Kota Makassar, di Anjungan Pantai Losari, Rabu pagi (28/6/2023). Panitia memperkirakan salat id dihadiri sekitar 15 ribu orang.

Ketua Panitia Muhammad Imaduddin mengungkapkan, jumlah jemaah yang hadir di luar prediksi sebelumnya. Jemaah yang memadati kawasan Pantai Losari itu berasal dari warga dan simpatisan Muhammadiyah serta masyarakat umum.

"Kami sebelumnya hanya memprediksi akan ada 5 ribu orang yang hadir, karena waktu sosialisasi yang singkat. Tapi alhamdulillah antusiasme masyarakat untuk salat Ied di Anjungan Losari sungguh luar biasa," kata Imaduddin dalam keterangan persnya, Rabu.

Baca Juga: Ini Lokasi Salat Idul Adha di Makassar, Kamis 29 Juni 2023

1. Warga Muhammadiyah sampaikan terima kasih untuk Wali Kota

15 Ribu Umat Muhammadiyah Salat Idul Adha di Pantai Losari MakassarRibuan orang mengikuti salat Idul Adha yang digelar Pimpinan Daerah Muhammadiyah Makassar di Anjungan Pantai Losari Makassar, Rabu (28/6/2023). (Dok. Istimewa)

Sejumlah tokoh publik hadir dalam pelaksanaan salat Idul Adha kali ini. Di antaranya Ketua DPRD Kota Makassar Rudianto Lallo.

Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Makassar, Azis Ilyas menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Walikota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto yang telah memfasilitasi dan mendukung Muhammadiyah melaksanakan salat id di Anjungan Pantai Losari.

"Keluarga besar Muhammadiyah Makassar menyampaikan terima kasih kepada Bapak Walikota yang memberikan kepercayaan dan memfasilitasi Anjungan Pantai Losari ini yang merupakan ikon Kota Makassar untuk digunakan salat Ied bagi warga Muhammadiyah dan simpatisan," tuturnya.

2. Khatib mengajak umat Islam meneladani Nabi Ibrahim

15 Ribu Umat Muhammadiyah Salat Idul Adha di Pantai Losari Makassarilustrasi hewan kurban (IDN Times/Aditya Pratama)

Salat Idul Adha di Anjungan Pantai Losari dipimpin imam Salahuddin. Sementara khatib yakni Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Irwan Akib.

Dalam khutbahnya, Irwan mengajak seluruh umat Islam agar meneladani Nabi Ibrahim AS. Terutama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Iduladha tahun ini merupakan momentum terbaik untuk kembali menghadirkan uswah Nabi Ibrahim AS tentang ketauhidan, keikhlasan, dan pengorbanan. Demi menghadirkan kehidupan sosial, berbangsa dan bernegara yang lebih baik," katanya.

3. Pemkot pusatkan salat Idul Adha di Lapangan Karebosi

15 Ribu Umat Muhammadiyah Salat Idul Adha di Pantai Losari MakassarIlustrasi salat id. (Dok. Humas Pemkot Makassar)

Muhammadiyah melaksanakan salat Idul Adha sehari lebih cepat dibanding hari yang ditetapkan pemerintah. Adapun Pemerintah Kota Makassar baru akan menggelar salat id pada Kamis (29/6/2023).

Salat id Pemkot Makassar dipusatkan di Lapangan Karebosi. Selain itu, Pemkot juga mengadakan salat id di sejumlah lokasi di beberapa kecamatan dalam wilayah Kota Makassar.

Salat Idul Adha di Lapangan Karebosi akan dilaksanakan pada pukul 6.15 Wita. Bertindak sebagai imam, Irman Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Makassar. Sedangkan khatib M. Ishaq Shamad, Sekretaris Jenderal DPP IMMIM.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan, salat id di Karebosi digelar jika cuaca memungkinkan. Jika hujan, pelaksanaan salat id dipindahkan ke Masjid Raya.

Baca Juga: Lokasi Salat Idul Adha Muhammadiyah 28 Juni 2023 di Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya