Status Gunung Ruang di Kepulauan Sitaro Naik Menjadi Level Waspada

Terjadi peningkatan aktivitas gunung sejak awal April 2022

Manado, IDNTimes – Sabtu, 16 April 2022, Gunung Ruang di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara (Sulut) naik status dari normal (level I) menjadi waspada (level II).

Menurut Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Ruang, Heymans Tamaka, kenaikan status tersebut disebabkan karena adanya peningkatan gempa bumi vulkanik yang tercatat beberapa waktu terakhir.

“Kenaikan statusnya pukul 13.00 Wita dan hingga saat ini gempa vulkanik masih terus terekam seismograf,” terang Heymans, Minggu (17/4/2022).

1. Dua desa di sekitar Gunung Ruang bisa terdampak

Status Gunung Ruang di Kepulauan Sitaro Naik Menjadi Level WaspadaGunung Ruang di Kepulauan Sitaro, Sulut. Dok. Pos Pengamatan Gunung Api Ruang

Berdasarkan laporan yang dibuat oleh Pos Pengamatan Gunung Api Ruang, tercatat ada 97 gempa vulkanik dengan lama gempa 5-25 detik.

Dampak aktivitas kegunungapian Gunung Ruang bisa berdampak pada dua desa yang berada di sekitarnya, yaitu Desa Laingpatehi dan Desa Pumpente. Namun, Heymans menyebut, saat ini warga di kedua desa tersebut masih beraktivitas seperti biasa.

“Jarak kedua desa dari puncak Gunung Ruang sekitar 2,5 kilometer, masih bisa beraktivitas seperti biasa. Warga juga masih bermukim di tempat masing-masing,” lanjut Heymans.

2. Warga dan wisatawan dilarang berkegiatan di dekat puncak Gunung Ruang

Status Gunung Ruang di Kepulauan Sitaro Naik Menjadi Level WaspadaPeta Gunung Ruang yang berada di Kepulauan Sitaro, Sulut. Google Maps

Meski masih bisa beraktivitas seperti biasa, warga dan wisatawan diminta agar tidak beraktivitas di radius 1,5 kilometer dari kawah Gunung Ruang. “Aktivitas pendakian tidak boleh dilakukan pada area 1,5 kilometer dari puncak,” tutur Heymans.

Sedangkan masyarakat yang berada di wilayah sektor timur, tenggara, selatan, dan barat daya, diminta tidak mendekati Gunung Ruang dalam radius sejauh 2,5 kilometer.

Heymans menyebut, potensi dampak yang bisa terjadi adalah Desa Laingpatehi dan Desa Pumpente bisa terkena lontaran material dari erupsi eksplosif Gunung Ruang.

3. Gunung Ruang terakhir meletus pada tahun 2002

Status Gunung Ruang di Kepulauan Sitaro Naik Menjadi Level WaspadaPemandangan Gunung Ruang di Kepulauan Sitaro, Sulut. Dok. Pos Pengamatan Gunung Api Ruang

Heymans menyampaikan, Gunung Ruang tidak memiliki siklus yang tetap. Tercatat, Gunung Ruang pernah meletus pada tahun 1949, kemudian terakhir pada 25 September 2002.

Pada letusan terakhir tahun 2002, warga di Desa Laingpatehi dan Desa Pumpente terpaksa dievakuasi karena bangunan-bangunan yang ada rusak terkena material letusan Gunung Ruang.

“Sekarang terlihat lagi peningkatan aktivitas sejak awal April 2022,” tutup Heymans.(*)

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya