Pilgub Sulut: PKB Berpaling, Elly Lasut-Michaela Paruntu Dapat PKS

Berpalingnya PKB tak menjadi soal bagi Demokrat-Golkar

Intinya Sih...

  • Dukungan tambahan dari PKS memperkuat laju Elly Lasut-Michaela Paruntu di Pilgub Sulut 2024.
  • Komitmen PKS yang sinkron dengan visi dan misi Elly Lasut-Michaela Paruntu disambut baik oleh pihak Demokrat.
  • PKB berpaling dari dukungan terhadap Elly Lasut-Michaela Paruntu dan beralih mendukung bakal Calon Gubernur Sulut dari Gerindra, Yulius Selvanus Lumbaa-Komaling.

Manado, IDN Times – Pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Elly Engelbert Lasut dan Michaela Elsiana Paruntu, mendapat tambahan dukungan. Selain partai tempat mereka bernaung –Demokrat dan Golkar- dukungan datang dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

SK dukungan diserahkan langsung oleh Presiden PKS, Ahmad Syaikhu, di Jakarta pada Rabu (7/8/2024) malam. Penyerahan dukungan disaksikan langsung oleh calon anggota legislatif (caleg) DPR RI terpilih sekaligus putri Elly Lasut, Hillary Brigita Lasut; bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Boltim dari Demokrat, Oscar Manoppo dan Argo Sumaiku; serta pengurus DPP PKS.

Dukungan ini diapresiasi oleh Sekretaris DPD Partai Demokrat, Billy Lombok. "Dukungan ini semakin meyakinkan langkah pak Elly Lasut dan bu Micha di Pilgub Sulawesi Utara," kata Billy, Kamis (8/8/2024).

1. Punya 13 kursi di DPRD Sulut

Pilgub Sulut: PKB Berpaling, Elly Lasut-Michaela Paruntu Dapat PKSElly Lasut dan Michaela Paruntu saat mendapat surat rekomendasi dari Partai Demokrat, Rabu (10/7/2024) malam. Dok. Demokrat Sulut

Tambahan dukungan dari PKS membuat laju Elly Lasut-Michaela Paruntu makin kuat di Pilgub Sulut 2024. Jika koalisi Demokrat-Golkar-PKS terwujud, keduanya memiliki modal 13 kursi DPRD Sulut.

Billy menyebut, komitmen PKS sebagai pelayan rakyat sangat sinkron dengan Elly Lasut-Michaela Paruntu yang memiliki visi dan misi serupa. Dukungan yang diberikan langsung oleh Ahmad Syaikhu dinilai memberi pesan khusus.

Pesan khusus yang dimaksud Billy adalah bahwa Elly Lasut-Michaela Paruntu diterima oleh semua kalangan. “Ini tandanya cinta kasih dalam kebersamaan,” sambung Billy.

2. PKB berpaling dukung Yulius Lumbaa

Pilgub Sulut: PKB Berpaling, Elly Lasut-Michaela Paruntu Dapat PKSPrabowo Subianto bersama Yulius Lumbaa. IDNTimes/Istimewa

Di sisi lain, Elly Lasut-Michaela Paruntu kehilangan satu dukungan, yaitu dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Mereka memutuskan beralih mendukung bakal Calon Gubernur Sulut dari Gerindra, Yulius Selvanus Lumbaa-Komaling.

Padahal, sebelumnya PKB sudah memberikan surat rekomendasi ke Elly Lasut-Michaela Paruntu. Namun, hingga saat ini Demokrat belum mendapat pemberitahuan resmi terkait hal tersebut.

Billy mengaku mendapat kabar berpalingnya PKB dari pemberitaan. “Jika memang benar, Demokrat maupun pasangan Elly Lasut-Michaela Paruntu tak bermasalah dengan siapapun,” tambahnya.

3. Fokus konsolidasi

Pilgub Sulut: PKB Berpaling, Elly Lasut-Michaela Paruntu Dapat PKSPasangan bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Elly Lasut-Michaela Paruntu, saat mendapat SK dukungan dari Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto, di Jakarta beberapa waktu lalu. Dok. Istimewa

Billy mengatakan pihaknya enggan mempermasalahkan berpalingnya PKB lebih lanjut. Hal itu bisa dimaklumi lantaran masing-masing partai memiliki mekanismenya sendiri.

Kini, partai pendukung Elly Lasut-Michaela Paruntu memilih fokus konsolidasi dan sosialisasi. Hal ini menunjukkan bahwa Demokrat terus menjunjung politik riang gembira dan bersahabat.

Hillary Lasut juga mengatakan hal yang sama. “Yang penting kita menjaga komitmen dengan Partai Golkar dan partai yang mau mendukung,” ujarnya.

Baca Juga: Caleg DPR RI Terpilih Asal Sulut Felly Runtuwene Dituding Geser Suara 

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya