Kunjungan Jokowi ke Sulawesi Utara, Warga Berebut Kaos hingga Salaman

Jokowi juga resmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan

Manado, IDN Times - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengunjungi Sulawesi Utara, Kamis (19/1/2023). Kunjungan kerja dijadwalkan berlangsung selama dua hari hingga Jumat (20/1/2023).

Jokowi telah mengunjungi beberapa lokasi, di antaranya; Pasar Pinasungkulan di Manado, Pasar Airmadidi, Bendungan Kuwil Kawangkoan, dan Marriott Hotel Likupang di Minahasa Utara. Kemudian besok ia dijadwalkan ke Pulau Bunaken, Rumah Susun Kejaksaan Sulawesi Utara, dan Malalayang Beach Walk.

Kedatangan Jokowi disambut hangat oleh masyarakat Sulawesi Utara. Salah seorang warga bernama Ika Lamban, mengaku senang bisa bersalaman dengan Jokowi ketika di Pasar Airmadidi. “Saya tidak akan mencuci tangan ini,” kata Ika.

1. Jokowi bagi-bagi kaos

Kunjungan Jokowi ke Sulawesi Utara, Warga Berebut Kaos hingga SalamanPresiden Joko Widodo saat bagi-bagi kaos di Pasar Airmadidi, Minut, Sulawesi Utara, Kamis (19/1/2023). Dok. Istimewa

Sejak kedatangannya di Bandara Internasional Sam Ratulangi pada Rabu (18/1/2023) malam, Jokowi sudah bagi-bagi kaos ke masyarakat yang ada di jalan. Hari ini ia juga membagikannya di Pasar Airmadidi.

Salah seorang warga bernama Fery Emor, mengaku juga mendapatkan kaos dari Jokowi. Ia datang jauh-jauh dari Sonder, Minahasa.

“Saya dapat kaos langsung dari Jokowi. Kaos ini akan saya simpan dengan baik di lemari dan tidak dipakai,” ucap Fery.

2. Resmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan

Kunjungan Jokowi ke Sulawesi Utara, Warga Berebut Kaos hingga SalamanFoto udara pintu air bendungan Kuwil Kawangkoan di Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Rabu (18/01/2023). Bendungan Kuwil menampung 23 juta meter kubik air tawar yang mengalir dari anak sungai Danau Tondano, serta berfungsi untuk penyediaan air baku, potensi pengembangan energi listrik, serta menjadi destinasi wisata. (ANTARA FOTO/Adwit B Pramono)

Salah satu tujuan kedatangan Jokowi ke Sulut adalah meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Minut. Bendungan yang dibangun pada tahun 2016 dengan APBN Rp 1,9 triliun ini akhirnya selesai dibangun tahun 2022.

Bendungan Kuwil Kawangkoan diharapkan mampu mengatasi banjir di Manado. Sebelumnya, Manado memang pernah dilanda banjir bandang pada tahun 2014.

“Ini memiliki kapasitas tamping 26 juta meter kubik dengan luas genangan 157 hektare yang bisa untuk pembangkit listrik, mengurangi banjir utamanya di Manado, dan juga untuk pertanian,” ujar Jokowi.

3. Petugas kebersihan di Malalayang Beach Walk telah menanti kedatangan Jokowi

Kunjungan Jokowi ke Sulawesi Utara, Warga Berebut Kaos hingga SalamanPetugas mengecat patung di Malalayang Beach Walk, Manado, Sulawesi Utara, Kamis (19/1/2023). IDNTimes/Savi

Kesimpang-siuran jadwal kunjungan Jokowi membuat sebagian masyarakat cemas. Salah satunya petugas kebersihan di Malalayang Beach Walk bernama Obet.

Obet mengaku mendapatkan kabar bahwa Jokowi akan ke Malalayang Beach Walk sore ini, namun ternyata meleset. “Padahal tadi sudah ada polisi berjaga, saya kira sudah mau ke sini,” ujar Obet.

Malalayang Beach Walk merupakan salah satu infrastruktur yang juga akan diresmikan oleh Jokowi. Berbagai persiapan telah dilakukan oleh Pemprov Sulut sejak siang hari.

Baca Juga: Berkas dan 3 Tersangka Kasus Korupsi PDAM Manado Dilimpahkan ke Kejari

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya