Fraksi Partai Golkar akan Rotasi AKD DPRD Sulawesi Utara

Termasuk pengganti Winsulangi Salindeho

Manado, IDN Times - Fraksi Partai Golkar berencana merotasi alat kelengkapan dewan (AKD) di DPRD Sulawesi Utara. Rencana ini diungkapkan langsung oleh Ketua DPD I Partai Golkar Sulut, Christiany Eugenia Paruntu atau Tetty Paruntu dalam rapat pleno Partai Golkar Sulut beberapa waktu lalu.

“Ibu (Tetty Paruntu) bilang semua AKD rolling, baik yang duduk di pimpinan DPRD Sulut, komisi, dan badan,” jelas Ketua Fraksi Partai Golkar Sulut, Raski Mokodompit, Rabu (8/3/2023).

Namun, hingga saat ini Raski masih enggan memberikan jawaban terkait nama-nama yang masuk dalam rotasi AKD.

1. Ada 6 anggota DPRD Sulut dari Partai Golkar

Fraksi Partai Golkar akan Rotasi AKD DPRD Sulawesi UtaraKantor DPD Partai Golkar Sulut di Jalan RE Martadinata, Paal 2, Manado, Sulawesi Utara. IDNTimes/Savi

Saat ini ada 6 anggota DPRD Sulut dari Partai Golkar, dan satu kursi kosong yang ditinggalkan Winsulangi Salindeho karena meninggal 2 tahun lalu. Mereka adalah:

  • James Arthur Kojongian sebagai Wakil Ketua DPRD Sulut, anggota Badan Anggaran, dan Badan Musyawarah
  • Raski Mokodompit sebagai Ketua Fraksi Partai Golkar, Ketua Komisi II DPRD Sulut, dan anggota Badan Anggaran
  • Careigh Naichel Runtu sebagai Ketua Badan Pembuatan Perda dan anggota Badan Musyawarah DPRD Sulut
  • Cindy Wurangian sebagai Sekretaris Komisi IV, anggota Badan Pembuatan Perda, dan anggota Badan Anggaran DPRD Sulut
  • Inggried Sondakh sebagai Wakil Ketua Komisi II, anggota Badan Kehormatan, dan anggota Badan Anggaran DPRD Sulut
  • Yongkie Limen sebagai Sekretaris Komisi III DPRD Sulut

2. Partai Golkar akan mengevaluasi kinerja terlebih dahulu

Fraksi Partai Golkar akan Rotasi AKD DPRD Sulawesi Utara(Bupati Minahasa Selatan Tetty Paruntu) ANTARA FOTO/Wahyu Putro A.

Di sisi lain Sekretaris DPRD Sulut, Sandra Moniaga, mengaku belum tahu soal isu rotasi AKD fraksi Partai Golkar. “Belum ada pemberitahuan resmi,” ucap Sandra.

Raski mengatakan pihaknya akan mengevaluasi kinerja AKD terlebih dahulu. “Kami akan memasukkan kinerja AKD dulu. Akan dievaluasi aktif atau tidak, itu yang menjadi dasar untuk rolling,” terang Raski.

Rotasi AKD fraksi Partai Golkar saat ini menjadi fokus utama mereka. Raski mengatakan, dalam rapat Tetty Paruntu tidak ingin ada anggotanya yang berlama-lama menempati jabatan tertentu.

3. Sudah ada pengganti Winsulangi Salindeho

Fraksi Partai Golkar akan Rotasi AKD DPRD Sulawesi UtaraKantor DPD Partai Golkar Sulut di Jalan RE Martadinata, Paal 2, Manado, Sulawesi Utara. IDNTimes/Savi

Sudah 2 tahun berlalu sejak salah satu kursi ditinggalkan Winsulangi Salindeho. Lelaki yang juga pernah menjabat sebagai Bupati Kepulauan Sangihe ini meninggal pada 15 Agustus 2021 karena sakit.

Setelah kosong selama 2 tahun, akhirnya Partai Golkar Sulut menemukan pengganti Winsulangi Salindeho melalui proses pergantian antar waktu (PAW). Ia adalah Meyke Lavarence, politisi perempuan asal Sangihe.

“Kami tinggal menunggu SK Mendagri, kemungkinan bersamaan dengan SK-nya PAW PDIP,” tutup Raski.

Baca Juga: Bapenda Manado akan Hitung Kembali PBB Rumah Rafael Alun Trisambodo

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya